Jokowi Dukung Proses Transisi Pasca Putusan MK

Jokowi 1
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). [Gambar : YT Setpres]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menegaskan bahwa pemerintah menghormati apapun yang menjadi keputusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilpres 2024.

Jokowi menyatakan, pihaknya siap untuk mendukung proses transisi ke pemerintahan selanjutnya yang akan dipimpin oleh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Dan pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (23/4).

Jokowi pun menegaskan, proses transisi tersebut akan segera disiapkan menyusul putusan dari Mahkamah Konstitusi dan pengesahan yang akan dilakukan besok oleh KPU RI.

“Akan kita siapkan karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya,” imbuhnya.

Diketahui, majelis hakim akhirnya memutuskan perkara dari gugatan Pilpres 2024. Ketua majelis hakim Suhartoyo dalam amar putusannya menyatakan menolak secara keseluruhan gugatan yang disampaikan pasangan 01 maupun pasangan 03.

Dalam putusan tersebut, terdapat 3 hakim konstitusi yang menyatakan disenting opinion. Mereka yaitu Hakim Konstitusi Saldi Isra, Hakim Konsitusi Enny Nurbaningsih dan Hakim Konstitusi Arief Hidayat.

Exit mobile version