NewsEkobizKonflik Iran-Israel Menanas, Siap-siap Harga Minyak Dunia Ikut Panas

Konflik Iran-Israel Menanas, Siap-siap Harga Minyak Dunia Ikut Panas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Harga minyak dunia semakin melesat seiring dengan meningkatnya ketegangan yang terjadi di Timur Tengah, terlebih usai Iran mnelancarkan serangan udara ke israel pada hari ini, Minggu (14/4).

Dihimpun Holopis.com dari data revinitif, harga minyak mentah berjangka Brent naik US$ 71 sen menjadi US$ 90,45 per barel. Sementara, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 64 sen menjadi US$ 85,66 per barel.

Ketegangan yang memanas antara Iran dan Israel ini diperkirakan akan membuat harga minyak dunia kembali naik menyentuh USD 100 per barel, mengingat Iran merupakan salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia.

“Biasanya, perubahan 1 juta barel dalam persamaan penawaran-permintaan menyebabkan kenaikan harga sebesar USD 5 untuk menyeimbangkan pasar,” CEO di Infrastructure Capital Advisors, Jay Hatfield seperti dikutip Holopis.com dari market Watch, Minggu (14/4).

“Akibatnya, jika seluruh produksi Iran terganggu, mungkin akan terjadi kenaikan harga minyak sebesar USD 15 per barel,” tambahnya.

sebagai informasi, iran telah meluncurkan puluhan drone ke Israel pada hari ini, Minggu (14/4), atau pada hari Sabtu (13/4) waktu Iran dan sekitarnya.

Serangan ini tentu akan memicu eskalasi besar-besaran antara dua wilayah itu, menginat serangan ini merupakan balasan Iran atas serangan Israel ke gedung konsulat Iran di Damaskus pada 1 April lalu.

Serangan itu menewaskan tujuh petugas Garda Revolusi, termasuk dua komandan senior. Namun, Israel membantah telah bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.