BerandaNewsRagamMenko PMK Akui Bakal Kesulitan Tangani Arus Balik : Masih Ada Pemudik...

Menko PMK Akui Bakal Kesulitan Tangani Arus Balik : Masih Ada Pemudik Kurang Disiplin

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa penanganan arus balik Lebaran 2024 bakal mengalami banyak kendala dan kesulitan di lapangan.

Muhadjir Effendy menyebut, meski sudah mendapat banyak masukan perbaikan mengenai mudik lebaran, masih banyak masyarakat yang tidak disiplin dalam mengikuti aturan. Salah satunya ketika banyak masyarakat yang masih nekat tidak membeli tiket jauh sebelum melakukan penyeberangan.

“Masih adanya pemudik yang kurang disiplin. Terutama mematuhi agar membeli tiket online jauh-jauh hari ternyata masih banyak yang berspekulasi dengan datang tanpa tiket,” kata Muhadjir dalam keterangannya pada Kamis (11/4) seperti dikutip Holopis.com.

Bahkan, pemudik yang nekat membeli tiket secara langsung di lokasi itu kemudian malah menyusahkan petugas yang sedang melakukan pengaturan kendaraan yang akan menyeberang.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Dan bahkan ada beberapa pemudik yang melakukan fait accompli terhadap petugas untuk memaksakan untuk ikut berangkat walaupun sebetulnya belum punya tiket,” ujarnya.

Muhadjir kemudian menyebut, kesulitan yang utama adalah ketika arus balik, jutaan masyarakat akan kembali masuk ke Jakarta. Berbeda dengan arus mudik, dimana pergerakan masyarakat yang cenderung menyebar sehingga penumpukan masih bisa diantisipasi.

“Karena kalau berangkat mudik itu kan gerakannya sentrifugal, menyebar, itu relatif mudah. Tetapi ketika dia balik, itu kan sentripetal. Semua mengerucut ke salah satu titik, yaitu ibu kota dan sekitarnya. Ini pengelolaannya jauh lebih sulit,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Muhadjir meminta kepada para pemudik yang akan melangsungkan arus balik untuk disiplin dan patuh dengan imbauan dari petugas. Agar seluruh persiapan yang telah dilakukan petugas berjalan lancar.

“Agar semua yang akan masuk kembali bekerja di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya itu bisa dilayani oleh bagian baik, baik oleh Korlantas, oleh Kementerian Perhubungan maupun Kementerian PUPR dan Kementerian-Kementerian yang lain,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Belasan Desa di Bolaang Mongondow Selatan Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

4 Alasan Orang Sering Tergoda Operasi Plastik

Agar bisa lebih mengerti mengapa orang operasi plastik, ini dia beberapa alasan umum yang dimiliki seseorang.

Ini Dia Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Susu merupakan minuman yang telah lama dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama di pagi hari. Selain bisa langsung diminum, susu juga bisa dinikmati dengan sereal yang bisa mengenyangkan perut.

Pakar Genetika BRIN Nyatakan Bani Alawi Bukan Keturunan Rasulullah SAW

Pakar genetika dan peneliti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Sugeng Pondang Sugiharto menyebut bahwa Bani Alawi atau Ba'alawi bukanlah keturunan Rasulullah SAW. Hal ini disampaikan berdasarkan penelitian terhadap sample DNA.

Cuaca Jakarta Bakal Hujan Siang Ini, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS