BerandaNewsRagamMengenal Lima Budaya Lebaran yang Meriah di Turki

Mengenal Lima Budaya Lebaran yang Meriah di Turki

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebaran, atau dikenal sebagai “Bayram” dalam bahasa Turki, adalah salah satu momen paling meriah dan bersejarah di Turki. Umat Muslim di negara ini merayakan Lebaran dengan penuh sukacita dan tradisi-tradisi khas yang menambah warna-warni perayaan.

Budaya lebaran di Turki juga sebenarnya tidak terlalu jauh beda seperti di Indonesia. Bagaimana sih budaya lebaran di sana?

1. Berkunjung ke Keluarga dan Teman

Salah satu tradisi terpenting dalam perayaan Lebaran di Turki adalah berkunjung ke rumah keluarga dan teman-teman. Di pagi hari Lebaran, orang-orang saling mengunjungi, bertukar salam “Bayramınız Kutlu Olsun” (Selamat Hari Raya), dan memberikan hadiah serta kue kering kepada satu sama lain.

2. Salaman dan Maaf-maafan

Salam-salaman dan meminta maaf adalah bagian tak terpisahkan dari budaya Lebaran di Turki. Selama perayaan, orang-orang saling bersalaman dan meminta maaf satu sama lain, baik secara langsung maupun melalui pesan teks atau telepon. Tradisi ini mengandung makna penting untuk membersihkan hati dan memperkuat hubungan sosial.

Penerbit Iklan Google Adsense

3. Memberikan Sedekah kepada yang Membutuhkan

Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan. Di Turki, memberikan sedekah kepada yang membutuhkan adalah salah satu tradisi penting dalam perayaan Lebaran. Orang-orang umumnya memberikan sumbangan dalam bentuk uang tunai atau makanan kepada para fakir miskin dan yatim piatu.

4. Menyajikan Hidangan Lebaran Khas

Hidangan khas Lebaran di Turki juga menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan. Salah satu hidangan yang paling populer adalah “bayram böreği”, yaitu kue pastri yang diisi dengan daging cincang atau keju. Selain itu, ada juga hidangan khas seperti kuzu tandır (domba panggang) dan baklava yang manis sebagai pencuci mulut.

5. Berbelanja dan Menyemarakkan Pasar Malam

Sebelum Lebaran, pasar-pasar malam di Turki menjadi ramai dengan orang-orang yang berbelanja untuk mempersiapkan perayaan. Di pasar malam, kamu dapat menemukan berbagai macam barang, mulai dari pakaian tradisional hingga pernak-pernik dekorasi Lebaran. Pasar malam juga menjadi tempat bertemu dan bersosialisasi bagi masyarakat setempat.

Jadi ingin lebaran di Turki, deh.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS