BerandaIslampadDoa dan HadistAmalan Makan Sebelum Shalat Ied, Berikut Penjelasannya

Amalan Makan Sebelum Shalat Ied, Berikut Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Di saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, salah satu ibadah yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia yakni ibadah shalat Idul Fitri atau shalat Ied dua rakaat.

Sebelum menjalani shalat Ied, disunnahkan bagi umat Islam untuk makan sekedarnya terlebih dahulu, seperti memakan beberapa biji kurma dengan jumlah yang ganjil.

Dikutip Holopis.com dari buku Menuntaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan oleh Abu Maryam, disebutkan Rasulullah SAW memakan beberapa butir kurma sebelum berangkat shalat Ied.

Hal itu sebagaimana dikatakan Anas bin Malik dalam sebuah hadits:

Penerbit Iklan Google Adsense

عَنْ أَنَسٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ

Artinya: Dari Anas bin Malik RA berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Hal ini dilakukan agar umat Islam tahu bahwa pada hari itu adalah Idul Fitri dan puasa tidak lagi diwajibkan bagi umat Muslim.

Dalam kitab Faidlul Qadir, diriwayatkan Rasulullah SAW memakan tujuh butir kurma sebelum shalat Ied.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memaklumkan keharaman berbuka sebelum shalat Idul Fitri. Sebab, sebelumnya pada masa-masa awal Islam, diharamkan makan sebelum shalat Ied

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari NU Online, dipilihnya kurma sebagai makanan sebelum shalat Ied adalah karena rasa manisnya yang bisa menguatkan pandangan, yang sebelumnya dilemahkan oleh puasa selama satu bulan.

Sebab itu, para ulama mengatakan disunnahkan memakan kurma. Jika tidak ada kurma, maka bisa diganti dengan makanan manis lainnya.

Apabila sebelum keluar rumah tidak sempat, maka disunnahkan untuk memakannya ketika dalam perjalanan atau setelah sampai di tempat shalat ied.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah di hari Tarwiyah dan Arafah. Lantas, kapan puasa Tarwiyah...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam, karena adanya beberapa dalil yang menunjukkan keagungan dan keberkahan hari tersebut...

Doa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

Di penghujung bulan Ramadan, setiap detik terasa begitu berharga. Hari-hari terakhir di bulan suci ini tidak hanya menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah dan doa tapi juga kesempatan untuk merenungkan kembali perjalanan spiritual selama sebulan penuh

Waktu dan Niat Zakat Fitrah

Di dalam mengakhiri Ramadan, ada sebuah tuntunan syariat yang tidak boleh dilewatkan, yakni zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib.

Doa Agar Bisa Menahan Emosi Ketika Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah puasa, tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari meluapnya emosi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS