BerandaNewsRagamAkses Jalan Nasional Padang Panjang ke Bukit Tinggi Terendam Banjir Lahar Dingin

Akses Jalan Nasional Padang Panjang ke Bukit Tinggi Terendam Banjir Lahar Dingin

HOLOPIS.COM, SUMBAR – Bencana banjir lahar hujan atau yang biasa disebut banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat menghambat sejumlah mobilisasi warga.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, bencana yang terjadi sejak beberapa hari lalu itu membawa material vulkanik Gunung Marapi yang dikeluarkan pascaerupsi. Kejadian tersebut berlangsung setelah hujan lebat di kawasan hulu atau sekitaran puncak gunung.

“Peristiwa tersebut berdampak pada terganggunya akses jalan nasional Padang Panjang – Bukittinggi. Ruas jalan tersebut terendam banjir lahar,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (7/4).

Abdul menjelaskan bahwa tim gabungan lintas instansi masih melakukan pembersihan sisa-sisa material vulkanik. Para petugas juga menyedot air pada gorong-gorong di sisi jalan nasional.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kondisi jalan nasional yang berada di wilayah Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto, masih terendam dan mengakibatkan terganggunya lalu lintas kendaraan serta aktivitas masyarakat,” ujarnya

Abdul kemudian mengimbau masyarakat agar waspada, khususnya mereka yang tinggal di sekitar sungai yang berhulu dari puncak gunung.

Selain itu, tim gabungan masih terus membantu proses pemulihan akses Jalan nasional yang terdampak dengan pengerahan alat berat berupa loader, ekskavator serta truk penyedot air dari dinas pekerjaan umum setempat untuk membersihkan material dari ruas jalan.

Dilaporkan dalam peristiwa ini terdapat 1 unit check dam rusak dan 1 unit kedai warga terdampak oleh banjir lahar dingin, sementara Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Tanah Datar beserta tim gabungan lintas instansi masih melakukan pendataan dan monitoring di lapangan.

Laporan BPBD kabupaten Tanah Datar menyebutkan wilayah desa atau nagari terdampak berada di Nagari Aia Angek, Sabu, Sungai Jambu, Lima Kaum dan Sungai Tarab.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Dompet Dhuafa Groundbreaking Masjid di Long Xuyen Vietnam

Menjelang milad ke 31 Dompet Dhuafa kembali menjalankan misi kemanusiaan. Kali ini adalah menuju Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam dalam rangka pembangunan masjid untuk masyarakat muslim minoritas di sana.

Khasiat Keju untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak suka keju? Keju bukan hanya lezat untuk dinikmati sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Cara Menjaga Diri dari HIV: Langkah-langkah Pencegahan yang Efektif

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Polri Gelar Pesta Rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri menggelar Pesta Rakyat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, di Lapangan Monas pada Senin 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai acara, dan diramaikam dengan penampilan sejumlah artis Tanah Air.

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS