Tak Hanya Enak Jadi Camilan, Kacang Juga Punya Banyak Khasiat Bermanfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selain kue-kue kering, berbagai jenis kacang-kacangan juga biasanya akan memenuhi toples-toples lebaran dan berjejeran di meja rumah-rumah masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan kue kering yang biasanya langsung membuat bisan atau kenyang hanya dengan beberapa gigitan. Kacang-kacangan biasanya akan membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan dan sampai lupa berhenti makan.

Selain rasanya yang nagih, kacang-kacangan juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Ini dia beberapa khasiat yang bisa bikin Sobat Holopis kaget!

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Kacang merupakan sumber protein nabati yang kaya akan asam amino esensial. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Konsumsi kacang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, terutama bagi orang yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan.

2. Sumber Serat Pangan

Kacang mengandung serat pangan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Dengan mengonsumsi kacang secara teratur, Sobat Holopis dapat meningkatkan asupan serat dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

3. Sumber Nutrisi Mikro

Kacang mengandung berbagai nutrisi mikro penting, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan. Misalnya, kacang almond mengandung vitamin E yang baik untuk kulit dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Kacang juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan seng yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kacang, terutama kacang almond, kenari, dan kacang mete, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Ini karena kacang mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan poliunsaturasi, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

5. Menyokong Pengendalian Berat Badan

Meskipun kacang mengandung lemak, sebagian besar lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak sehat yang dapat menyokong pengendalian berat badan. Kacang juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis setelah dikonsumsi. Makan kacang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Sobat Holopis suka makan kacang tidak?

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...