BerandaHistoryHari Buku Anak Sedunia, Jadi Momen Tingkatkan Minat Baca Anak

Hari Buku Anak Sedunia, Jadi Momen Tingkatkan Minat Baca Anak

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Buku Anak Sedunia dirayakan oleh semua orang di seluruh belahan dunia pada tanggal 2 April setiap tahunnya. Hari Buku Anak ini juga bertepatan dengan perayaan Hari Kelahiran Bapak Dongeng Sedunia.

Hari Buku Anak Sedunia pada dasarnya adalah suatu perayaan yang bertujuan untuk terus meningkatkan minat baca kepada anak-anak, yang lambat laun semakin terkikis karena disrupsi teknologi yang berkembang pesat.

Selain itu, perayaan Hari Buku Anak Sedunia ini juga bertujuan untuk mengenang sosok Bapak Dongeng Sedunia, Hans Christian Andersen yang merupakan seorang penulis asal Denmark.

Sejarah Hari Buku Sedunia

Dilansir dari laman perpusnas.go.id dan dispusip.pekanbaru.go.id, Hari Buku Sedunia atau International Children’s Book Day (ICBD) pertama kali dicetuskan oleh International Board of Books for Young People (IBBY).

IBBY ini merupakan organisasi non-profit yang membangun jaringan internasional bagi orang-orang yang memiliki komitmen untuk membuat buku dan anak-anak menyatu.

Pemilihan tanggal 2 April sebagai perayaannya berdasarkan pada tujuan di atas, yakni untuk mengenang sosok Hans Anderson yang lahir pada tanggal tersebut. Dimana tanggal 2 April merupakan hari kelahiran Sang Bapak Dongeng Sedunia.

mencetuskan Hari Buku Anak Sedunia pada tanggal 2 April. Selain bertujuan untuk terus meningkatkan minat baca kepada anak-anak, perayaan tersebut juga bertujuan untuk mengenang sosok Bapak Dongeng Sedunia, yaitu Hans Christian Andersen, seorang penulis asal Denmark.

Beberapa karya terkemuka dari Sang Maestro buku cerita anak ini seperti buku the Emperor’s New Clothes, the Little Mermaid, the Nightingale. The Snow Queen, dan the Ugly Duckling.

Adapun pada setiap tahunnya, Hari Buku Anak Sedunia dirayakan pada satu negara dari 60 National Section yang berkesempatan untuk menjadi sponsor.

Sehingga nantinya perwakilan tersebut akan memilih tema dan mengundang pengarang terkenal dari negara penyelenggara untuk membuat pesan perayaan Hari Buku Anak Internasional.

Tema Hari Anak Sedunia

Dilansir dari laman resmi ibby.org, tahun 2024 ini, perayaan Hari Buku Anak Internasional diselenggarakan dengan mengangkat tema “Cross the Seas on the Wing of your Imagination”, di mana IBBY Jepang (JBBY) mendapatkan kehormatan menjadi sponsor resmi ICBD 2024.

Untuk itu, seorang penulis terkemuka asal Jepang bernama (Eiko Kadono) telah menyiapkan surat untuk anak-anak di seluruh dunia. Sedangkan seorang seniman Jepang bernama Nana Furiya suda menyiapkan posternya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Sekda Keerom Jadi Tersangka Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

Dikrimsus Polda Papua telah menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Keerom, Trisiswanda Indra sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan sosial (Bansos) senilai Rp 18,2 miliar.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu M.I.A – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - M.I.A atau Missing In Action merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band heavy metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Diketahui, lantunan tersebut dirilis...

Rekomendasi :