BerandaHiburanKulinerRESEP : Dolma, Makanan Khas Timur Tengah untuk Menu Takjil

RESEP : Dolma, Makanan Khas Timur Tengah untuk Menu Takjil

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagai jenis makanan yang sering ditemukan seperti kurma, dan gorengan-gorengan biasanya selalu mewarnai meja makan ketika sedang menunggu waktu berbuka puasa. Es buah juga menjadi menu minuman yang tak pernah apsen melepas dahaga saat maghrib sudah menghampiri.

Namun jika Sobat Holopis ingin sesuatu yang berbeda sebagai menu hidangan berbuka puasa, dolma bisa jadi pilihan yang tepat untuk Sobat Holopis. Hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari daun anggur yang diisi dengan campuran daging cincang, beras, dan rempah-rempah ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk hidangan berbuka puasa unik.

Cara membuatnya juga tidak sulit, Sobat Holopis. Bahan-bahannya juga tidak sulit ditemukan di Indonesia. Berikut resepnya :

Bahan:

Penerbit Iklan Google Adsense
  • Daun anggur segar atau dalam kemasan (dapat ditemukan di toko-toko bahan makanan Timur Tengah)
  • 250g daging cincang (daging sapi atau daging domba)
  • 1/2 cangkir beras
  • 1 bawang besar, dicincang halus
  • 2-3 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • 1/4 cangkir jus lemon
  • 1 sendok teh mint kering
  • 1 sendok teh peterseli kering
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Jika menggunakan daun anggur segar, rendam daun tersebut dalam air panas selama 10-15 menit untuk melunakkan. Jika menggunakan daun anggur dalam kemasan, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan garam dan kemungkinan rasa pahit.
  2. Dalam sebuah mangkuk besar, campur daging cincang, beras, bawang besar, bawang putih, minyak zaitun, jus lemon, mint kering, peterseli kering, garam, dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Letakkan satu lembar daun anggur di permukaan kerja dan letakkan sekitar satu sendok makan campuran daging di bagian tengah daun.
  4. Lipat sisi kiri dan kanan daun ke arah tengah, lalu gulung daun dari bagian bawah ke bagian atas untuk membentuk gulungan kecil seperti bungkus. Ulangi proses ini dengan sisa daun dan campuran daging.
  5. Tata dolma yang sudah terbentuk rapat di dalam panci besar. Pastikan Sobat Holopis menata dolma rapat agar mereka tidak terbuka saat dimasak.
  6. Tutup dolma dengan sejumlah kecil air panas, tambahkan sedikit garam, dan letakkan piring berat di atas dolma untuk mencegah mereka terapung.
  7. Masak dolma dengan api sedang selama sekitar 30-40 menit atau sampai daging matang dan beras empuk.
  8. Angkat dolma dari panci dengan hati-hati dan susun di atas piring saji. Sajikan panas dengan saus yoghurt atau saus tomat sebagai pelengkap.
Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

RESEP : Bihun Goreng Sederhana dan Nikmat, Cocok untuk Makan Siang

Siapa bilang makan siang simple harus makanan yang mahal dan ribet untuk memasaknya? Bihun goreng yang sederhana, murah, dan gampang dimasak bisa menjadi menu pilihan Sobat Holopis yang ingin makan siang mengenyangkan.

RESEP : Bibimbap Ala Korea dengan Bahan Makanan Indonesia yang Khas

Bibimbab adalah salah satu hidangan khas Korea Selatan yang terkenal dengan paduan warna, tekstur, dan cita rasa yang kaya. Secara harfiah, bibimbab berarti 'nasi yang dicampur' dalam bahasa Korea.

RESEP : Sup Ikan Gurame, Rasanya Bikin Nagih

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Sup Ikan Gurame, yang tentunya lezat dan nikmat. Cocok juga dimakan saat cuaca sedang dingin. Sesuai dengan...

RESEP : Nasi Liwet Sambal Ijo Kemangi, Maknyus Dimakan Bareng-bareng!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini yaitu Nasi Liwet Sambal Ijo Kemangi, yang tentunya lezat dan nikmat. Cocok untuk sobat Holopis yang ingin...

RESEP : Soto Madura, Maknyus Dimakan Saat Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kuliner kali ini ada Soto Madura, yang tentunya lezat dan nikmat. Apalagi disantap ketika cuacanya sedang dingin. Sesuai namanya, soto ini...

RESEP : Teh Jahe, Cocok Diminum Saat Dingin

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Resep kali ini ada minuman Teh Jahe yang tentunya nikmat diminum saat cuaca dingin. Selain itu, mengonsumsi Teh Jahe juga menyehatkan...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS