NewsRagam5 Khasiat Kuning Telur untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

5 Khasiat Kuning Telur untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka telur, selain mudah dimasak, kuning telur biasanya selalu cocok disandingkan dengan menu apapun. Seperti menemani mie instan, nasi goreng, dan lain- lain.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kuning telur adalah bagian dari telur yang paling kaya nutrisi. Namun sering kali diperdebatkan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Tapi sumber manfaat kuning telur sangat sayang jika dilewatkan loh, Sobat Holopis. Apa saja sih manfaat kesehatannya?

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Kuning telur kaya akan protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein ini juga penting dalam pembentukan otot dan menjaga kepadatan tulang.

2. Kaya Akan Nutrisi

Kuning telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, D, E, B12, riboflavin, dan asam folat. Vitamin-vitamin ini esensial untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber Lutein dan Zeaxanthin

Kuning telur adalah salah satu sumber alami lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Kedua zat ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kuning telur mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang optimal. Kolin juga berperan dalam pembentukan membran sel dan neurotransmiter yang penting bagi fungsi otak yang sehat.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Meskipun kuning telur mengandung kolesterol, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kuning telur secara moderat tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada sebagian besar orang. Bahkan, kuning telur mengandung lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Sobat Holopis sudah masak telur belum hari ini?

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Lokasi SIM Keliling Hari Selasa 27 Agustus di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Selasa 27 Agustus 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Jokowi Gelontorkan Rp 38 Miliar Demi Tepati Janji ke Ibu-Ibu

Presiden Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Pasar Pasir Gintung yang telah direvitalisasi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

BNPB : Sejumlah Rumah Warga di Gunung Kidul Rusak Pasca Diterjang Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5.8 mengguncang wilayah Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Senin (26/8) sekira pukul 19.57 WIB.

Hati-hati Girls! Ini Bahaya Pakai AHA BHA dan Retinol Bersamaan

Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak dan mudah tumbuh jerawat pasti tergiur dengan kemampuan serum yang mengandung retinol atau AHA-BHA.