Land Day, 30 Maret : Mengenang Perjuangan Rakyat Palestina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Land Day Palestine atau Hari Tanah Palestina diperingati pada 30 Maret di setiap tahunnya.

Peringatan Land Day Palestina tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah simbol perjuangan rakyat Palestina terhadap keadilan terkait hak tanah yang mereka miliki.

Dikutip Holopis.com dari Institute for Palestine Studies, peringatan Land Day Palestina ditandai dengan tewasnya enam warga Palestina yang ditembak mati oleh kepolisian Israel ketika berdemonstrasi memprotes penggusuran tanah Palestina itu sendiri oleh Israel.

Jika ditarik ke belakang, pada 30 Maret 1976, sudah ribuan hektar tanah milik rakyat Palestina yang sudah diduduki sejak 1948, dirampas oleh Israel.

Kemudian, aksi demonstrasi protes dilakukan mulai dari Galilea ke Negev oleh rakyat Palestina. Ketika itu hingga muncul konfrontasi yang menyebabkan tewasnya 10 warga Palestina, ratusan orang luka-luka, hingga adanya rakyat Palestina yang ditangkap Israel.

Maka dari itu, peringatan Land Day Palestine menjadi peristiwa penting dalam sejarah perselisihan tanah kedua negara, Palestina dan Israel.

Peringatan Land Day Palestine tahun 2024 ini jelas berbeda, sebab rakyat Palestina sedang dalam bayang-bayang serangan Israel yang kian brutal. Dibarengi juga dengan minimnya bantuan makanan, minuman hingga obat-obatan.

Terhitung konflik terbaru yang mencuat tahun 2023 lalu, hingga kini sudah lebih dari 35 ribu orang warga Palestina meninggal dunia, dan belum ada titik terang kapan serangan dari militer Israel ke wilayah-wilayah Palestina akan berakhir.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Kenapa Yunani Selalu Jadi Negara Pertama yang Muncul Saat Opening Ceremony Olimpiade?

Saat upacara pembukaan Olimpiade berlangsung, salah satu tradisi yang paling mencolok adalah penampilan negara Yunani sebagai negara pertama yang memasuki stadion.

Sejarah Hari Puisi Indonesia, Pengingat Kekuatan Bahasa dan Susunan Kata

Hari Puisi Indonesia merupakan momen penting san salah satu hari besar yang wajib dirayakan, dalam kalender budaya nasional yang merayakan keindahan dan kekayaan sastra puisi di Indonesia.

Olimpiade Paris 2024 : Timnas Israel Dicemooh! ‘Free Palestine’ pun Terpampang

Timnas Israel harus rela disoraki ketika lagu kebangsaannya berkumandang pada cabang olahraga (cabor) sepakbola putra Olimpiade Paris 2024. Bahkan, slogan bertuliskan 'Free Palestine' pun terpampang jelas di dalam stadion.

Lagi-lagi, Puluhan Rakyat Palestina Tewas Setelah Diusir Israel

Kementerian Kesehatan di Gaza yang saat ini dikuasai Hamas mengumumkan bahwa Israel kembali menewaskan 70 warga Palestina.

Hari Waspada Cacing Sedunia, Kesadaran Penting untuk Kualitas Hidup Anak-anak Indonesia

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Waspada Cacing, sebuah inisiatif yang awalnya diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan RI dan Johnson & Johnson, produsen obat cacing terkemuka.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.