BerandaIslampadDoa dan HadistDoa Agar Bisa Menahan Emosi Ketika Berpuasa

Doa Agar Bisa Menahan Emosi Ketika Berpuasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam menjalankan ibadah puasa, tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari meluapnya emosi.

Menjaga emosi tetap stabil dan terkendali merupakan bagian penting dari kesempurnaan ibadah puasa. Sebab, emosi yang tidak terkendali dapat mengganggu ibadah puasa dan hubungan sosial dengan orang lain.

Rasulullah SAW telah mengajarkan umat Muslim untuk mengendalikan emosi dan menjaga hati tetap tenang dalam berbagai situasi.

Namun, hal ini seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama di tengah kehidupan modern yang penuh dengan tekanan dan godaan. Untuk itu, doa menjadi senjata utama dalam menjaga ketenangan hati saat berpuasa.

Penerbit Iklan Google Adsense

Berikut doa yang bisa Sobat Holopis amalkan untuk menahan emosi ketika sedang berpuasa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah”Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadamu,” (HR. Thabrani).

Dalam menjalani ibadah puasa, mengelola emosi merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Doa menjadi senjata utama dalam menghadapi berbagai ujian emosi.

Dengan mengamalkan doa yang diajarkan dalam Islam dan menjaga konsistensi dalam berdoa, kita dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih tenang dan penuh kesabaran.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah di hari Tarwiyah dan Arafah. Lantas, kapan puasa Tarwiyah...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam, karena adanya beberapa dalil yang menunjukkan keagungan dan keberkahan hari tersebut...

Amalan Makan Sebelum Shalat Ied, Berikut Penjelasannya

Sebelum menjalani shalat Ied, disunnahkan bagi umat Islam untuk makan sekedarnya terlebih dahulu, seperti memakan beberapa biji kurma dengan jumlah yang ganjil.

Doa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

Di penghujung bulan Ramadan, setiap detik terasa begitu berharga. Hari-hari terakhir di bulan suci ini tidak hanya menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah dan doa tapi juga kesempatan untuk merenungkan kembali perjalanan spiritual selama sebulan penuh

Waktu dan Niat Zakat Fitrah

Di dalam mengakhiri Ramadan, ada sebuah tuntunan syariat yang tidak boleh dilewatkan, yakni zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS