Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Merasa Haus saat Berpuasa, Baca Doa Ini…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berpuasa merupakan ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim di seluruh dunia selama bulan Ramadan. Selama periode puasa, menahan haus dan lapar merupakan bagian penting dari pengendalian diri.

Namun, terkadang kehausan bisa menjadi tantangan, terutama di daerah dengan iklim panas atau bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Untuk membantu mengatasi hal ini, amalan doa menjadi sarana spiritual yang dapat memberikan kekuatan dan perlindungan.

Berdoa agar tidak kehausan merupakan salah satu cara untuk meminta pertolongan-Nya dalam menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan sehat. Doa juga menjadi pengingat bahwa segala sesuatu tergantung pada kehendak dan rahmat Allah SWT.

Adapun amalan doa yang dapat Sobat Holopis lakukan agar tidak merasa kehausan ketika sedang berpuasa adalah sebagai berikut:

Setelah sahur, ambil secangkir air putih lalu baca surah Al-Kautsar 7 kali. Setelahnya, Sobat Holopis dapat meniup secangkir air tersebut.

Al-Kautsar ayat 1

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

Al-Kautsar ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Al-Kautsar ayat 3

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ

Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Selain berdoa, menjaga kesehatan saat berpuasa juga melibatkan langkah-langkah praktis seperti memilih makanan yang bergizi, menghindari terik matahari, dan minum air putih secukupnya saat berbuka dan sahur.

Kombinasi antara doa dan tindakan preventif tersebut dapat membantu Sobat Holopis dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhidrasi selama bulan Ramadan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru