Hari Teater Sedunia 27 Maret Digagas ITI Sejak 1961

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Teater Sedunia diperingati setiap tanggal 27 Maret, yang diinisiasi oleh Institut Teater Internasional atau ITI pada 1961 yang dilandasi gagasan sejumlah tokoh teater mengenai masa depan dunia teater, nilai-nilai penerapan teater serta kaitannya dengan budaya yang diusulkan kepada ITI.

Teater merupakan sebuah seni pementasan secara langsung di mana aksi panggung direncanakan dengan tepat hingga dapat menciptakan makna drama yang koheren dan signifikan.

Sementara itu jika diihat secara etimologis, teater berasal dari bahasa Inggris yaitu theatre dan bahasa Yunani yaitu theaomai. Theaomai memiliki arti melihat.

Tujuan Hari Teater Internasional, yakni memberi kesempatan kepada komunitas teater untuk mempromosikan karya mereka dalam skala besar. Sehingga pemerintah mengakui serta mendukung nilai dan pentingnya teater dari segala jenisnya.

Selain itu ada tujuan lainnya, seperti dikutip Holopis.com dari laman World Theatre Day, Rabu (27/8) yakni Untuk mempromosikan teater dalam segala bentuknya di seluruh dunia, Menyadarkan masyarakat akan nilai teater dalam segala bentuknya.

Kemudian, Memungkinkan komunitas teater mempromosikan karya mereka secara luas, sehingga pemerintah dan tokoh penting menyadari nilai dan pentingnya tarian dalam segala bentuknya dan mendukungnya.

Terakhir Menikmati teater dalam segala bentuknya untuk kepentingannya sendiri dan Untuk berbagi kegembiraan teater dengan orang lain.

Sejarah Teater

Teater sebenarnya sudah ada dan dipertunjukkan sejak abad kelima zaman Yunani Kuno, seperti dikutip dari National Today.

Pertunjukan-pertunjukan drama berlangsung di berbagai teater seperti Dionisos, Akropolis, Athena, Yunani. Teater tersebut menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer di Yunani.

Seni teater kemudian berkembang hingga ke berbagai belahan dunia termasuk Eropa, Asia, Afrika dan Amerika. Setiap negara memiliki ciri khas pertunjukan teater.

Namun, pada umumnya yang ditampilkan di pertunjukan teater ialah seperti sandiwara, tarian, dan musik atau suara.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Gaya Seks Ini Bikin Istrimu Cepat Hamil, Gak Percaya?

Banyak sekali gaya seks yang dipraktikan oleh setiap pasangan suami istri, termasuk sejumlah posisi yang dinilai bisa berbuah kehamilan bagi sang istri. Tentu, kehamilan merupakan sebuah goals bagi setiap pasangan.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Serjarah Hari Puputan Klungkung Bali, Mengingat Perjuangan Melawan Belanda

Klungkung merupakan kabupaten kecil yang berada di Bali. Kabupaten Klungkung merupakan wilayah yang unik dan memiliki kaitan dengan Ida I Dewa Agung Jambe di tahun 1686 Masehi.

Hari Bumi 2024, 22 April : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Bumi atau biasa disebut Earth Day diperingati pada 22 April di setiap tahunnya. Simak tema dan sejarahnya sebagai berikut.

Hari Konsumen Nasional, 20 April : Begini Tema dan Latar Belakang Peringatannya

Hari Konsumen Nasional (Harkonas) diperingati pada 20 April di setiap tahunnya.

Sejarah Ular Weling, Cantik Namun Mematikan

Ular Weling (Malayan Krait/Blue Krait) atau yang biasa kita sebut Ular Belang, merupakan salah satu spesies ular yang endemik di Asia Tenggara.

HUT Kopassus ke-72, 16 April 2024 : Mengabdi dengan Kehormatan, Pelindung Sejati Kedaulatan

Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-72 dirayakan tepat pada hari ini, Selasa (16/4). Simak tema serta ulasan singkatnya mengenai Kopassus di artikel ini.