BerandaNewsEkobizSri Mulyani Ungkap Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp72 triliun

Sri Mulyani Ungkap Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp72 triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa pembiayaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui penarikan utang per 15 Maret 2024 telah mencapai Rp72 triliun.

Dia menuturkan, bahwa jumlah tersebut turun tajam sebesar 60,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

“Tahun lalu itu mencapai Rp181,4 triliun, sekarang drop 60,3 persen secara tahunan (year-on-year/yoy),” kata Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa edisi Maret 2024, Senin (25/3) yang dikutip Holopis.com.

Bendahara Negara itu menyampaikan, angka Rp72 triliun itu setara dengan 11,1 persen terhadap target pembiayaan utang dalam APBN yang ditetapkan sebesar Rp648,1 triliun.

Penerbit Iklan Google Adsense

Secara rinci, pembiayaan utang tersebut terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp70,2 triliun atau setara dengan 10,5 persen terhadap pagu APBN. Angka ini di jauh di bawah realisasi tahun lalu yang sebesar Rp169,5 triliun.

Sementara realisasi pinjaman mencapai Rp1,9 triliun, turun 84,5 persen yoy dari sebelumnya Rp11,9 triliun.

Sri Mulyani menegaskan, pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih tetap on track dalam mengawal pembiayaan utang berdasarkan UU APBN 2024 yang ditarget mencapai Rp648,1 triliun.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyatakan, bahwa pihkanya akan terus menjaga pelaksanaan pembiayaan agar tetap terjaga berdasarkan kondisi pasar uang dan pasar obligasi.

“Kita akan terus menjaganya agar volatilitas yang berasal dari global tidak berimbas pada pelaksanaan APBN terutama pembiayaan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS