BerandaNewsRagamTak Cuma Enak, Ternyata Makan Kolak Ada Khasiatnya

Tak Cuma Enak, Ternyata Makan Kolak Ada Khasiatnya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kolak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering disantap saat bulan Ramadan sebagai hidangan takjil untuk berbuka puasa. Terbuat dari bahan-bahan seperti pisang, ubi, kacang hijau, dan santan, rasa manisnya kolak memang selalu menggoda.

Tapi ternyata tidak hanya nikmat, kolak memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja sih manfaat kesehatan kolak?

Manfaat Makan Kolak

1. Sumber Energi yang Baik

Kolak mengandung karbohidrat kompleks dari bahan-bahan seperti pisang dan ubi, yang merupakan sumber energi yang baik. Karbohidrat kompleks memberikan energi secara bertahap, menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Kaya Serat

Kacang hijau yang sering digunakan dalam kolak merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempromosikan pergerakan usus yang lancar dan mencegah sembelit. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

3. Kandungan Gizi yang Seimbang

Kolak mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Pisang, misalnya, kaya akan kalium dan vitamin B6, sementara ubi memiliki kandungan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

4. Mengandung Antioksidan

Beberapa bahan dalam kolak, seperti pisang dan kacang hijau, mengandung antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Meskipun manis, kolak biasanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan manis lainnya karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini berarti kolak dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah mengonsumsinya, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan porsi yang sesuai.

Sobat Holopis sudah berapa kali makan kolak?

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Daftar Susunan Pemain Bayern Munchen vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final Liga Champions

Daftar susunan pemain Bayern Munchen vs Arsenal untuk leg kedua babak perempat final Liga Champions telah resmi dirilis, berikut selengkapnya.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :