Tak Cuma Enak, Ternyata Makan Kolak Ada Khasiatnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kolak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering disantap saat bulan Ramadan sebagai hidangan takjil untuk berbuka puasa. Terbuat dari bahan-bahan seperti pisang, ubi, kacang hijau, dan santan, rasa manisnya kolak memang selalu menggoda.

Tapi ternyata tidak hanya nikmat, kolak memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja sih manfaat kesehatan kolak?

Manfaat Makan Kolak

1. Sumber Energi yang Baik

Kolak mengandung karbohidrat kompleks dari bahan-bahan seperti pisang dan ubi, yang merupakan sumber energi yang baik. Karbohidrat kompleks memberikan energi secara bertahap, menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Kaya Serat

Kacang hijau yang sering digunakan dalam kolak merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempromosikan pergerakan usus yang lancar dan mencegah sembelit. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

3. Kandungan Gizi yang Seimbang

Kolak mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Pisang, misalnya, kaya akan kalium dan vitamin B6, sementara ubi memiliki kandungan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

4. Mengandung Antioksidan

Beberapa bahan dalam kolak, seperti pisang dan kacang hijau, mengandung antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Meskipun manis, kolak biasanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan manis lainnya karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini berarti kolak dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah mengonsumsinya, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan porsi yang sesuai.

Sobat Holopis sudah berapa kali makan kolak?

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

RESEP : Smoothies Pisang, Segar Nikmat dan Mengenyangkan

Selain sarapan, paling nikmat jika Sobat Holopis memulai hari dengan smoothies pisang yang segar manis, dan mengenyangkan.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.