HOLOPIS.COM, JAKARTA – Media asing menyoroti kemenangan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengumuman dari KPU RI tadi malam, Rabu (21/3) mengukuhkan bahwa paslon nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh nilai tertinggi dan unggul di 36 provinsi.

Media asal Singapura, CNA, menyoroti kemenangan Prabowo dengan kemenangan suara hampir menyentuh 60%.

The former special forces commander and current defence minister won the Feb 14 contest with nearly 60% of votes. A resounding victory over rivals Anies Baswedan and Ganjar Pranowo, who received abput 25 percent and 16 percent (Mantan komandan pasukan khusus dan Menteri Pertahanan ini memenangkan pemilu pada 14 Februari dengan hampir 60 persen suara, sebuah kemenangan yang besar atas saingannya Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang masing-masing memperoleh sekitar 25 persen dan 16 persen),” demikian diwartakan oleh CNA, dikutip Holopis.com.

Selain itu media asal Inggris, British Broadcasting Corporation (BBC) juga menyebutkan bahwa pemilihan Indonesia adalah pemilihan satu hari terbesar di dunia.

Eighty percent of 205 million registered voters across 17,000 islands and theww time zones tropped to polling centres las 14 February making it the world’s largest single-day election (80 persen dari 205 juta pemilih terdaftar di 17,000 pulau dan tiga zona waktu berkumpul di tempat pemungutan suara pada 14 Februari lalu, menjadikannya pemilu satu hari terbesar di dunia,” kata BBC.

Media asing asal Qatar, Al Jazeera mengatakan bahwa Prabowo Subianto nantinya akan melanjutkan kebijakan-kebijakan dari Presiden Joko Widodo.

The 72 year old swept the election on promises of continuing Jokowi’s policies (pria berusia 72 tahun tersebut memenangi pemilu dengan janji melanjutkan kebijakan Jokowi),” tulis Al Jazeera.

Seperti diberitakan Holopis.com sebelumnya, KPU RI telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional di 38 provinsi pada Rabu (20/3).

Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Pilpres 2024, dengan meraih 96.303.691 suara.

Sementara pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih 40.971.726 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 27.041.508 suara.