Ide Kue Takjil yang Enak dan Sehat, Hindari Gorengan yang Berminyak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama bulan Ramadan, biasanya pedagang takjil sangat mudah ditemukan. Berbagai jenis kue dan menu berbuka puasa terlihat sangat menarik dan menggugah selera. Terlebih kita tidak perlu repot-repot memasak sebelum berbuka puasa.

Namun, dalam masa pandemi seperti saat ini, tidak sedikit juga yang memilih untuk mengurangi membeli takjil dan menu buka puasa di luar untuk menjaga kebersihan.

Sobat Holopis tdak usah khawatir, karena ada banyak jenis kue takjil yang sebenarnya sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan di pasaran.

Rasanya juga dijamin tidak kalah dari penjual kue takjil yang sering ditemui. Berikut jenis-jenis kue takil yang murah dan mudah untuk dibuat.

1. Klepon

Kue klepon
Kue klepon rumahan. [Foto: Ist]
Klepon adalah salah satu kue takjil yang sering dijumpai di pasar takjil. Sensasi nikmat melelehnya gula merah tiap gigitan klepon selalu yang paling dicari. Bahan yang digunakan adalah tepung ketan, tepung beras, air perasan daun pandan, air, garam, gula merah, dan kelapa parut.

2. Serabi Bandung

 

Kue serabi
Kue serabi berbagai rasa. [Foto: Ist]
Kue yang satu ini tidak hanya manis, tapi memiliki rasa gurih. Cara membuatnya juga tak kalah mudah dari membuat kue klepon. Teksturnya yang lembut juga bisa membuat siapa saja yang menyantapnya bisa ketagihan.

Topping bermacam-macam yang bisa dimodifikasi ke serabi ini pun membuat menu ini bisa disukai oleh siapa saja yang memiliki selera berbeda-beda.

3. Kue Lumpur

Kue lumpur
Kue lumpur rumahan. [Foto: Ist]
Mirip dengan serabi namun kue takjil yang saat itu ini lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Berbentuk bulat berwarna hijau, kue lumpur paling nikmat jika dibentuk sesuai dengan satu gigitan sehingga bisa langsung disantap dan merasakan pecahan gula merah di dalamnya.

Sobat Holopis pilih kue yang mana nih untuk jadi menu berbuka?

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Mengganti Puasa Ramadan di Hari Lain: Hukum, Dalil, dan Tata Cara

Dalam Islam, terdapat ketentuan untuk mengganti puasa yang terlewatkan tersebut di hari lain.

Dompet Dhuafa Catat Kenaikan Penghimpunan Ramadan 1445 H Hingga 5,17%

Ahmad Juwaini mengatakan, catatan tersebut menjadi tren positif bagi penghimpunan Dompet Dhuafa di tahun 2024 maupun bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Refleksi Ramadan 1445 H, Haedar Nashir: Lulus dengan Predikat Insan Bertakwa

Menurutnya, setiap kali di penghujung Ramadan, tentu yang diharapkan dari yang menjalankan Ibadah Puasa adalah lulus dengan predikat sebagai insan yang bertakwa.

Doa Hari Terakhir di Bulan Ramadan untuk Sambut Kemenangan

Di penghujung bulan Ramadan, setiap detik terasa begitu berharga. Hari-hari terakhir di bulan suci ini tidak hanya menjadi momen untuk memaksimalkan ibadah dan doa tapi juga kesempatan untuk merenungkan kembali perjalanan spiritual selama sebulan penuh

RESEP : Kacang Bawang Goreng Khas Lebaran

Resep kali ini ada Kacang Bawang Goreng yang tentunya kerap tersaji ketika Lebaran tiba.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Motta Awali Debut Bersama Juventus dengan Kekalahan

Juventus harus menerima kekalahan telak 3-0 atas Nuremberg di tur pramusimnya. Mirisnya, hasil itu didapat di laga debut sang manajer Thiago Motta.