Segini Biaya Bikin Pelat Nomor Cantik Xpander yang Tabrak Porsche

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam peristiwa mobil Xpander yang menabarak Porsche, banyak yang bertanya soal pelat nomor Xpander yang tidak ada huruf belakangnya.

Dalam video yang beredar, pelat nomor Xpander ‘B-8958’. Beberapa komen menanyakan, terkait keaslian pelat nomor yang dipakai. Akhirnya, ada yang memberikan jawaban jika pelat nomor tersebut asli dan terdaftar.

Sebagai Informasi bagi Sobat Holopis, pelat nomor seperti yang dipakai Xpander itu bisa dipesan. Tentunya, untuk pemesanan pelat nomor dengan angka cantik atau khusus akan dikenakan biaya.

Sebagai contoh pelat nomor mobil Xpander ‘B-8958’, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 7,5 juta sesuai dengan aturan yang ada.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kapolri No. 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 36 ayat 4, pemilik kendaraan bisa menggunakan nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB) pilihan. Pilihan pelat nomor itu salah satunya bisa berupa kombinasi angka dengan atau tanpa seri huruf pilihan.

Adapun biaya PNBP terkait penerbitan pelat nomor cantik tertuang pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Polri.

Berikut daftar tarif penerbitan pelat nomor dengan angka dan huruf pilihan sesuai PP No 60 Tahun 2016:

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka

  • Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
  • Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. NRKB pilihan 2 (dua) angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) Rp 15 juta
  • Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. NRKB pilihan 3 (tiga) angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) Rp 10 juta
  • Ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta

4. NRKB pilihan 4 (empat) angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) Rp 7,5 juta
  • Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta.
Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Pertamina Kolaborasi dengan Toyota Uji Coba Bioetanol dari Tanaman Sorgum

Pertamina terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan bioenergi di berbagai sektor, dengan mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi.

Toyota New GR Yaris Hadir di GIIAS 2024, Bisa Dipesan dengan 2 Pilihan Transmisi Seharga Rp 1 Miliar

Toyota New GR Yaris resmi diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam pameran GIIAS 2024 (Gaikindo International Indonesia Auto Show) yang berlangsung di ICE BSD.

Suzuki Hadirkan Keseruan dan Promo di GIIAS 2024

Suzuki tidak ketinggalan meramaikan pameran GIIAS 2024 (Gaikindo Indonesia International Auto Show), dengan menampilkan kendaraan listrik konsep eVX dan beragam aktivitas, fasilitas, dan hadiah bagi pengunjung pameran.

BMW Usung Tema Experience the Future of Premium Mobility di GIIAS 2024

HOLOPIS.COM, TANGERANG - BMW Group Indonesia ikut meramaikan pameran otomotif GIIAS 2024 (Gaikindo Indonesia International Auto Show), dengan membuka BMW Group Pavilion yang bertema...

Sejumlah Mobil Baru Akan Hadir di GIIAS 2024, Yuk Intip!

Pameran otomotif GIIAS 2024 (Gaikindo Indonesia International Auto Show) yang berlangsung dari tanggal 18-28 Juli 2024 di ICE BSD, diikuti sekitar 55 merek kendaraan seperti Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.