BerandaNewsEkobizPemerintah Impor Beras Lagi, Datangkan 22.500 Ton dari Kamboja

Pemerintah Impor Beras Lagi, Datangkan 22.500 Ton dari Kamboja

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia kembali melakukan impor beras di awal tahun ini. Dimana kali ini, importasi akan dilakukan dari negara Kamboja sebanyak 22.500 ton.

“(Impor beras) Dari Kamboja 22.500 (ton),” kata Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (19/3).

Arief menjelaskan, bahwa pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) sampai saat ini baru dari luar negeri. Pasalnya Perum Bulog belum bisa melalukan penyerapan untuk CBP dari dalam negeri.

“Kita mengutamakan produksi dalam negeri, cuma untuk Bulog ketersediaan hari ini memang pengadaan dari luar negeri,” ujar Arief.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain menempuh jalur impor, Bapanas juga mempersiapkan panen raya pada Maret-April 2024 untuk menopang ketersediaan stok beras.

Arief memastikan, stok beras di Perum Bulog akan terus dipantau agar tetap berada di angka 1,2 juta ton hingga Juni 2024.

“Hari ini sampai dengan Juni, kan masih tiga bulan lagi. Kami harus mengatur. Yang jelas stok Bulog harus dijaga 1,2 juta (ton),” tandasnya.

Sebagai informasi, pemerintah menetapkan kuota impor beras tahun ini 3,6 juta ton, dimana sebanyak 2 juta ton telah mendapatkan izin impor. Sementara tambahan 1,6 juta ton belum mendapatkan izin impor.

Perum Bulog sebagai BUMN pangan yang mendapatkan tugas pengadaan CBP telah merealisasikan impor kuota tahun ini sebanyak 500 ribu ton.

Terbaru, pemerintah juga telah melalukan kontrak 300 ribu ton impor beras dari Thailand dan Pakistan.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS