Musim Mudik Lebaran, Mendagri Ingatkan Maskapai Jangan Aji Mumpung!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendari) Tito Karnavian mengingatkan maskapai penerbangan untuk tidak mengambil kesempatan dengan menaikkan harga tiket pesawat selama periode Lebaran 2024.

Sebab, menurut Tito, kenaikan harga tiket pesawat yang melebihi harga acuan tertinggi (tarif batas atas/TBA) pada akhirnya akan mengerek tingkat inflasi di sektor transportasi.

“Sekarang kita akan berhadapan dengan situasi yang lain, yaitu Ramadan dan Hari Raya (Lebaran 2024). Mobilitas masyarakat arus mudik diperkirakan tinggi, arus balik lebih dari 100 juta, ini akan berpengaruh (inflasi) di sektor transportasi,” kata Tito dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (18/3).

Tito pun mengaku telah meminta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menyampaikan imbauan tersebut kepada seluruh maskapai.

Kendati begitu, lanut Tito, pihaknya tidak melarang para maskapai untuk melakukan penyesuaian terhadap harga tiket pesawat. Namun ia mewanti-wanti agar para maskapai tidak seenaknya menaikkan harga tiket hingga ke level TBA.

“Ada harga acuan tertinggi (TBA), jangan diambil yang tertinggi. Jangan aji mumpung!” tegas Tito.

Hal tersebut dirasa penting agar angkutan udara tidak menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi, mengingat layanan penerbangan merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan selama masa Lebaran.

“Orang banyak menggunakan transportasi (udara untuk mudik), kemudian dihajar harga tinggi untuk dapat keuntungan, tapi dampaknya nanti di inflasi,” pungkas Tito.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Mendagri Tito Perintahkan Pj Kepala Daerah Harus Mundur Maksimal 17 Juli!

Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Tito Karnavian memperingatkan agar para penjabat kepala daerah untuk segera memberikan surat pengunduran diri pada pertengahan bulan Juli.

Tito Karnavian Sebut SEB Penguatan Fungsi APIP Komitmen Pemerintah Cegah Korupsi

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berkomitmen memperkuat fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam upaya pemberantasan praktik tindak pidana korupsi di pemerintah daerah (Pemda).

Mendagri Garansi ASN Netral di Pilkada 2024

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Mendagri Peringatkan Kepala Daerah Jangan Palak Pengusaha : Enggak Usah Dikasih “Pajak”!

Mendagri Tito Karnavian memperingatkan para Kepala Daerah untuk tidak mencari keuntungan melalui para pengusaha.

Tito Karnavian Ungkap Banyak Anggaran Daerah Terbuang Sia-Sia

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan penggunaan anggaran di daerah tidak berjalan efisien.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi...