Kasih Dia Tau : Kenali Jenis Narsistik Dalam Pertemanan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Narsistik adalah julukan orang-orang yang gemar berswafoto dan membagikan banyak cerita hidupnya di media sosial. Sehingga kebutuhan narsistik agar mendapatkan pengakuan dan perhatian.

Dalam kehidupan nyata, narsistik bisa menjadi gangguan kepribadian. Hal tersebut dikarnakan seseorang merasa dirinya spesial, superior, dan bahkan merasa dikagumi secara berlebihan, kurang empati, arogan, hingga menganggap orang lain iri padanya.

Berikut Beberapa tipe-tipe kepribadian narsistik :

1. Narsistik Prososial

Seseorang dengan tipe kepribadian narsistik prososial atau communal narcissism, akan selalu berusaha melakukan perbuatan baik di depan umum. Namun, hal tersebut dilakukan hanya untuk mendapatkan pengakuan sebanyak mungkin dari orang-orang di sekitarnya. Adapun, respon yang diharapkan tipe kepribadian narsistik prososial adalah pujian. Hal ini karena, pujian dapat membuat mereka bangga dan puas terhadap dirinya sendiri.

Selain itu, pengidap narsistik yang satu ini juga memiliki keinginan kuat untuk dihargai dan dikenal oleh semua orang. Tak hanya itu, mereka bahkan bisa bersikap ramah dan membantu orang lain hanya untuk mendapatkan pengakuan yang diharapkan.

2. Narsistik Terselubung

Narsistik terselubung merupakan kebalikan dari tipe narsistik pada umumnya. Pasalnya, seseorang dengan tipe narsistik ini meyakini bahwa dirinya jauh lebih unggul dibandingkan orang lain, namun keyakinan tersebut mereka simpan dalam hati.

Selain itu, pengidapnya cenderung lebih mementingkan diri sendiri, mereka juga meyakini berhak mendapatkan perhatian lebih dari orang lain. Adapun ciri-ciri pengidap narsistik lainnya, yaitu sering kali merasa menjadi korban seolah-olah dunia gagal mengenali potensi yang dia miliki. Oleh karena itu, penderita narsistik jenis ini rentan depresi karena perasaannya yang sangat sensitif. Namun, disaat bersamaan penderitanya juga sulit berempati dengan orang lain.

3. Narsistik Tampak

Tipe kepribadian grandiose narcissism alias narsistik tampak, berpotensi merugikan orang disekitarnya. Tanda-tanda yang menonjol antara lain, bersikap arogan, percaya diri berlebih, kompetitif, gemar mengeksploitasi orang demi kepentingan pribadi, dan tidak memiliki rasa empati. Selain itu, pengidap narsistik yang satu ini juga tampak menilai kemampuan dirinya secara berlebihan dengan merendahkan orang lain.

Tak hanya itu, ucapan atau tindakan biasa dapat ditanggapi secara berlebihan dan dimaknai sebagai serangan oleh penderita narsistik yang satu ini. Itu sebabnya, mereka kerap menganggap kehadiran atau pencapaian orang lain sebagai sebuah ancaman. Perlu diketahui juga, seseorang yang mengalami narsistik tampak melihat dunia seperti “panggung besar” dimana mereka dapat melakukan apa saja guna memenangkannya.

4. Narsistik Antisosial

Narsistik antisosial mirip dengan tipe narsistik tampak, ciri khasnya yaitu dengan mengambil keuntungan dari orang lain guna kepentingan dirinya tanpa merasa bersalah. Seseorang dengan jenis narsistik ini juga arogan, senang berdebat, dan berkompetisi dengan orang lain. Selain itu, tipe narsistik antisosial punya kecenderungan pendendam dan sulit untuk memaafkan seseorang.

Menurut Anda, apakah ada tipe narsistik yang anda rasa ada pada diri anda?.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lawan Petenis Asal Kanada Bouchard, Luna Maya Minta Jangan Dibandingkan

Aktris dan model cantik Luna Maya dijadwalkan untuk bertanding melawan petenis asal Kanada, Eugenie Boucdhard. Luna mengaku sedikit gugup dengan pertandingan tersebut. 

Sule Tak Mau Terjun ke Politik, Pengin Mati Sebagai Seniman

Sutisna alias Sule mengaku tak tertarik sama sekali dengan dunia politik. Bahkan dalam kontestasi Pilkada 2024, ia sempat mendapatkan tawaran untuk bisa maju menjadi calon Kepala Daerah.

Happy Salmaa Bagikan Momen Saat Siap-siap Jumpai Paus Fransiskus

Happy Salmaa menjadi salah satu selebriti Tanah Air yang turut bertemu langsung dengan Paus Fransiskus di acara Sholas Indonesia pada hari Kamis (5/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru