Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Siswa SMA di Rote Ndao Ini Inisiatif Lakukan Penanaman Pohon di Sepanjang Pantai

HOLOPIS.COM, NTT – Sebuah inisiatif luar biasa datang dari siswa-siswa SMA Kristen Arastamar Ndao Nuse, yang dengan penuh cinta terhadap alam, melakukan aksi nyata di Pulau Rote Ndao.

Tindakan mereka, meskipun sederhana, mengandung makna yang mendalam, menyiratkan pesan yang kuat. Mereka memilih menanam pohon di sepanjang pantai, tepatnya di pelabuhan Desa Ndao Nuse, Kecamatan Ndao Nuse. Alasan utamanya adalah untuk menjaga kelestarian alam yang begitu memukau di pulau tersebut.

“Keindahan alam ini adalah anugerah Tuhan yang harus kita jaga,” ujar Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis), Putri Lilo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (16/3).

Mereka memilih jenis pohon beringin untuk ditanam karena akarnya yang menjuntai membantu dalam respirasi, menambah kualitas tanah dengan menyerap nutrisi dan air, serta membersihkan udara dengan fotosintesis.

“Ini adalah bentuk cinta kami kepada Pulau Ndao. Kami memilih pohon beringin karena memiliki banyak manfaat, termasuk daunnya yang bisa dimakan sebagai sayur,” jelasnya.

Selain pohon beringin, mereka juga menanam pohon Nimba yang cocok dengan iklim pulau. Namun, lebih dari sekadar menjaga lingkungan, mereka juga ingin menambah keindahan alam Pulau Ndao, khususnya di sekitar pelabuhan yang sering dikunjungi orang.

“Kami memilih pelabuhan karena itu adalah pusat aktivitas. Ketika pohon-pohon ini tumbuh besar, penumpang bisa berteduh sebelum berangkat atau tiba di pulau Ndao,” bebernya.

Aksi ini tidak hanya menyampaikan pesan cinta lingkungan, tetapi juga mengajak orang untuk lebih menghargai dan menjaga keindahan alam yang diberikan Tuhan. Semoga aksi mereka menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk melakukan hal serupa demi kelestarian bumi kita.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Aksi Konvergensi Stunting NTT Rote Ndao Mendapat Peringkat 1

HOLOPIS.COM, KUPANG - Kabupaten Rote Ndao menorehkan capaian positif...

Pj. Bupati Rote Ndao Hadiri Undangan Presiden RI di IKN

HOLOPIS.COM, IKN - Presiden RI Joko Widodo bertemu dan...

Dugaan Korupsi Rumput Odot, Kapolda NTT: Saya Lagi Cek

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru