BPOM Cabut Izin Edar 4 Kosmetik Karena Unsur Erotisme di Iklannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan), mencabut izin edar 4 produk kosmetik karena tidak memenuhi peraturan terkait visual iklan.

Menurut Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Mohamad Kasuri menjelaskan keempat produk kosmetik tersebut menampilkan visual iklan yang menyimpang dan mengandung unsur erotisme.

“Keempat produk kosmetik tersebut tidak memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku karena visual iklan yang ditampilkan jelas menyimpang dari tujuan dan kegunaan atau kemanfaatan kosmetik,” terangnya dalam siaran pers, Kamis (14/3) seperti dikutip Holopis.com.

Keempat produk kosmetik tersebut, yakni Potens Special Gel for Man (milik Botryo Herba Bioteknologi), Hanimun Gentle Gel (Tritunggal Sinarjaya), Cocomaxx Gel Massage Gel (Tritunggal Sinarjaya), Geltama Gentle Gel (Tritunggal Sinarjaya).

Keempat produk tersebut banyak ditemui beredar lewat sejumlah platform e-commerce. BPOM pun meminta Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) untuk turut mengawasi peredaran dan promosi produk kosmetik di jagat online.

BPOM juga berharap link penjualan dari keempat produk yang sudah dicabut izin edarnya itu segera di-takedown dari seluruh e-commerce.

BPOM mengimbau masyarakat untuk lebih cerdas dan teliti dalam membeli produk kosmetik, serta tidak tergiur serta percaya dengan promosi yang berlebihan, menyesatkan, dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Selalu ingat Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan kadaluarsa. Pastikan memilih produk dengan Kemasan dalam kondisi baik, baca seluruh informasi pada Labelnya dan juga perhatikan jenis produknya, pastikan ada Izin edar dari BPOM, dan pastikan tidak melewati masa kadaluarsa,” pesan BPOM RI.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Obat Tradisional Ilegal Punya Barcode Izin Edar, Begini Cek Keasliannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Obat tradisional ilegal yang diungkap BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan...

430 Boks Obat Tradisional Ilegal Disita, BPOM : Penjualannya Masih Banyak

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebanyak 430 boks obat tradisional ilegal berhasil diamankan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI, karena mengandung bahan kimia obat (...

BPOM Temukan 13 Skincare Ilegal Mengandung Merkuri, Simak Daftarnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan setidaknya 13 produk kencantikan kosmetik atau skincare ilegal yang mengandung bahan berbahaya, seperti...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Motta Awali Debut Bersama Juventus dengan Kekalahan

Juventus harus menerima kekalahan telak 3-0 atas Nuremberg di tur pramusimnya. Mirisnya, hasil itu didapat di laga debut sang manajer Thiago Motta.