BerandaIslampadRamadan5 Bahaya Buka Puasa dengan Gorengan, Bisa Bikin Gemoy

5 Bahaya Buka Puasa dengan Gorengan, Bisa Bikin Gemoy

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang bisa menahan godaan gorengan saat berbuka puasa? Camilan gorengan seperti bakwan, tahu, dan tempe selalu menjadi idaman. Selain mudah ditemui di deretan penjual takjil di pinggir jalan, menu ini juga enak dan gampang dibikin sendiri di rumah.

Namun, terlalu sering makan gorengan sebagai santapan berbuka puasa memiliki banyak dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Apalagi makanan ini memang mengandung kalori yang tinggi, dan lemak tidak sehat untuk tubuh.

Ini dia rangkuman dampak negatif buka puasa dengan gorengan, yang sudah dirangkum Holopis.com.

1. Tinggi Kalori dan Lemak Tidak Sehat

Penerbit Iklan Google Adsense

Gorengan umumnya mengandung tinggi kalori dan lemak jenuh yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Berbuka puasa dengan makan gorengan bisa memberikan lonjakan kalori dan lemak yang tinggi secara tiba-tiba pada tubuh setelah seharian berpuasa, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan berat badan.

2. Rendah Serat dan Nutrisi

Gorengan umumnya memiliki sedikit serat dan nutrisi dibandingkan dengan makanan lain yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat sangat penting untuk menjaga pencernaan yang sehat dan mengontrol kadar gula darah. Dengan memilih gorengan sebagai makanan berbuka puasa, kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Metabolik

Konsumsi makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh seperti yang terdapat dalam gorengan telah terkait dengan peningkatan risiko penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, resistensi insulin, dan kolesterol tinggi. Berbuka puasa dengan makan gorengan secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit ini, terutama jika pola makan tidak seimbang dengan asupan nutrisi lainnya.

4. Gangguan Pencernaan

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, terutama setelah berpuasa seharian. Konsumsi makanan yang berat dan berlemak saat berbuka puasa dapat menyebabkan perut kembung, mulas, dan masalah pencernaan lainnya yang tidak nyaman.

5. Tidak Mendukung Kesehatan Umum

Secara keseluruhan, berbuka puasa dengan makan gorengan tidak mendukung kesehatan umum tubuh. Pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kalau Sobat Holopis, paling suka buka puasa dengan santapan apa?

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.

551.876 Kendaraan Sudah Mudik dari Jabotabek

PT Jasa Marga mencatat adanya peningkatan kendaraan di sejumlah ruas jalan tol. Aktivitas lalu lintas ini terjadi sejak H-7 sampai dengan H-5 Lebaran. Tercatat 551.876 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

Adara Hadirkan Edukasi Palestina di 250 Titik di Seluruh Indonesia

Adara menghadirkan edukasi Palestina di lebih dari 257 titik melalui program Kolaborasi Kebaikan (KOLAK) Ramadan di seluruh Indonesia.

Adara Salurkan Bantuan Ramadan Kepada 8 Ribu Lebih Keluarga di Palestina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama bulan suci Ramadan 1445 H, Adara bersama mitra dan komunitas Adara telah mengirimkan bantuan ke berbagai wilayah di Palestina. Total...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS