Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizMendag Zulhas Salahkan Kemarau jadi Biang Kerok Kenaikan Harga Pangan

Mendag Zulhas Salahkan Kemarau jadi Biang Kerok Kenaikan Harga Pangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas berbicara terkait penyebab dari permasalahan kenaikan harga sejumlah komoditas pangan, seperti beras, hingga daging dan telur ayam yang terjadi hingga memasuki bulan Ramadan.

Lagi-lagi, dia menyebut penyebab utama dari kenaikan harga pangan tersebut adalah terjadinya anomali cuaca kemarau yang berlangsung dalam waktu pnjang akibat El-Nino.

“Secara ringkas, kenaikan harga telur, daging ayam, dan beras akibat El Nino musim kemarau yang panjang, sehingga musim tanamnya bergeser,” ungkap Zulhas dalam keterangannya, Rabu (13/3) yang dikutip Holopis.com.

Dia mengatakan, masa panen raya beras dan jagung sebagai pakan ternak utama ayam seharusnya terjadi pada Januari-Februari. Namun karena kemarau yang terjadi berkepanjangan, panen raya pun baru terjadi pada kisaran April-Mei 2024.

“Nah, akibat musim tanam yang begeser itu maka beras lokal kurang, petani tidak menanam karena musim panas. Kalau ditanam, hanya sedikit yang punya bendungan atau irigasi yang kuat. Jadi, musim tanamnya bergeser. Ini tidak hanya kita, ini seluruh dunia,” ujarnya.

Guna mencukupi kebutuhan masyarakat dan menekan harga di tengah pergeseran masa tanam dan panen raya, lanjut Zulhas, pemerintah mengambil langkah cepat dengan cara mengimpor beras 3,6 juta ton untuk menjaga stok kebutuhan nasional selama 2024.

Tak heran bila pasar saat ini dibanjiri oleh beras SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) dan beras medium yang harganya dijamin pemerintah oleh pemerintah.

“Memang kita harapkan publik masyarakat membeli beras SPHP dan membeli beras medium. Beras SPHP Rp 11.000 per kilogram dan beras medium Rp 14.000 per kilogram,” tutup Zulhas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).