Anies Baswedan Sebut Kondisi di Jaman Soeharto Hanya Kedamaian Semu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anies Baswedan mengklaim bahwa kondisi di jaman orde baru baru atau di zaman pemerintahan Soeharto tidak ada kedamaian bagi warga.

Pria yang tersangkut dalam kasus korupsi Formula E itu bahkan menuduh, kedamaian hanya bisa terwujud di zaman orde baru karena ancaman aparat bersenjata.

“Ingat orde baru kan? Damai, tenang, iya karena ada yang pegang senjata di situ, diem semua, itu namanya kedamaian semu. Kenapa damai? Takut sama yang di ujung situ tuh. Karena itu pegang senjata tuh, ‘ayo diam semua, damai’,” kata Anies Baswedan, Jumat (9/3) seperti dikutip Holopis.com

“Itu kedamaian semu. Kedamaian yang tidak semu adalah kedamaian yang ditopang oleh rasa keadilan,” lanjutnya.

Mantan Mendikbud yang dipecat oleh Presiden Jokowi itu kemudian mengklaim, bahwa saat ini kedamaian di Indonesia tidak mungkin bisa terwujud.

“Saya sering garis bawahi jangan berbicara tentang perdamaian dan persatuan bila tidak ada keadilan,” ucapnya.

Anies Baswedan kemudian menantang adanya pihak yang bisa membantah ucapannya tersebut.

“Karena tidak mungkin kita bisa menghadirkan persatuan dalam ketimpangan, persatuan dalam ketidakadilan, kalau ada yang bisa menunjukkan saya pengin lihat. Ingin lihat tempat ada kedamaian, ada persatuan dalam ketidakadilan,” tuturnya.

“Karena itu harus yang selalu kita ikhtiarkan adalah menghadirkan dan memperjuangkan keadilan. Dari situ akan muncul persatuan, dari situ akan muncul kedamaian,” tambahnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.

Densus 88 Tangkap 2 Teroris Jaringan ISIS di Bima

Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang tersangka terorisme jaringan Jamaah Ansharu Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alexander Marwata Pamer Kegagalan KPK Tangani Korupsi

Alexander Marwata menegaskan bahwa kondisi KPK saat ini bukanlah lembaga superbody yang mampu untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru