HOLOPIS.COM, JAKARTA – Liverpool berpesta gol ke gawang Sparta Praha, dengan skor telak 5-1. Langkah The Reds lolos ke perempat final Liga Europa musim 2023/2024 pun semakin dekat. Ada pun Darwin Nunez berhasil membukukan brace dalam kemenangan besar tersebut.

Sebelumnya diketahui, pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa antara Sparta Praha vs Liverpool tersebut digelar di epet Arena, Jumat (8/3) dini hari tadi WIB.

Dalam pertandingannya, Liverpool yang unggul dari segala sisi sekalipun bukan tuan rumah, langsung tancap gas sejak awal babak pertama.

Ada peluang cepat dari Liverpool melalui Darwin Nunez, dimana pemain Uruguay itu sudah berhadapan dengan kiper Sparta Praha, dan sukses melewatinya, namun tendangannya masih bisa diamankan dua bek tim tuan rumah.

Liverpool pun sukses menciptakan skor di menit enam berkat Alexis Mac Allister melalui titik putih, hal itu terjadi berawal dari kesalahan pemain Sparta Praha yang kemudian sukses dimanfaatkan Allister, namun dilanggar di dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Sparta Praha kemudian merespon ketertinggalannya tersebut, mereka tampil menekan dan memiliki peluang di menit 15, namun masih berujung buntu.

Liverpool lantas mampu menggandakan skor di menit 25, kali ini melalui Darwin Nunez dengan tendangan terukurnya menjebol gawang Sparta Praha.

Sparta Praha ada peluang di menit 37 melalui Kutcha, tapi tendangannya masih bisa ditepis kiper Liverpool, Kelleher. Ada bola muntah setelahnya, namun tendangan Birmanvcevic masih melebar dari gawang The Reds.

Liverpool ada peluang menggandakan skor melalui Cody Gakpo, namun dua peluang emasnya masih berujung buntu.

Menjelang babak pertama berakhir, Darwin Nunez sukses membawa Liverpool unggul 3-0 melalui tendangan kerasnya ke gawang Sparta Praha.

Pada babak kedua, Liverpool memasukan Conor Bradley, namun pemain muda tersebut harus menciptakan bunuh diri bagi The Reds. Bradley gagal mengantisipasi umpan silang skema serangan Sparta Praha, sehingga bola masuk ke gawang sendiri. Kedudukan skor pun 3-1.

Sparta hampir memperkecil kedudukan skor di menit 48 melalui Haraslin, tetapi tembakannya masih bisa diamankan Kelleher.

Liverpool kemudian semakin membuat Sparta Praha lesu, dimana Luis Diaz sukses menciptakan gol keempat di menit 53.

Kemudian ada gol tambahan dari Mohamed Salah di menit 84, namun dianulir wasit melalui VAR, karena dianggap offside terlebih dahulu.

Ada pun gol terakhir Liverpool ditorehkan Szoboszlai di menit injury time. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan skor berakhir 5-1 untuk kemenangan Liverpool.

Dengan demikian, Liverpool hanya butuh hasil imbang 0-0 di leg kedua nanti untuk bisa meloloskan diri ke babak perempat final Liga Europa.