HOLOPIS.COM, JAKARTA –  Tak terasa sebentar lagi, masyakarat muslim di seluruh dunia akan merayakan bulan suci Ramadan. Dekatnya bulan Ramadan seringkali diwarnai dengan kesibukan persiapan, terutama di dapur.

Sebagai momen yang penuh keberkahan dan berkah, persiapan yang matang dalam menyediakan bahan makanan menjadi kunci utama bagi kelancaran ibadah puasa Sobat Holopis dan keluarga.

Sobat Holopis sudah bisa nyicil dari sekarang, dengan membeli bahan-bahan makanan tahan lama, seminggu sebelum puasa.

1. Beras dan Sereal

Beras menjadi sumber karbohidrat utama selama bulan puasa. Pastikan untuk membeli cukup stok beras untuk sebulan ke depan. Selain itu, sereal yang kaya akan serat dan gizi dapat menjadi alternatif sarapan yang praktis saat sahur. Pilihlah sereal yang rendah gula dan tinggi serat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga energi tetap stabil sepanjang hari.

2. Daging Beku

Membeli daging dalam jumlah besar seminggu sebelum Ramadan akan memudahkan Sobat Holopis dalam merencanakan menu-menu berbuka puasa. Daging sapi, ayam, atau ikan bisa disimpan dalam freezer untuk menghindari kekurangan stok selama bulan puasa. Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dan menyimpannya dengan baik agar tetap segar.

3. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar sangat penting untuk menjaga keseimbangan gizi selama bulan puasa. Sebaiknya belilah berbagai jenis buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Pastikan untuk memilih buah-buahan yang tahan lama dan tidak cepat busuk seperti apel, jeruk, pisang, serta sayuran seperti wortel, bayam, dan brokoli.

4. Bumbu Dapur dan Bahan Pelengkap

Persiapkan juga bumbu dapur dan bahan pelengkap seperti minyak, garam, gula, rempah-rempah, saus, serta kecap. Dengan memastikan stok bumbu dapur tercukupi, Sobat Holopis akan lebih mudah dalam menyajikan hidangan-hidangan yang lezat dan bervariasi setiap hari selama bulan Ramadan.

5. Makanan Instan dan Siap Saji

Meskipun sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama bulan puasa, memiliki stok makanan instan dan siap saji bisa menjadi penyelamat saat Sobat Hopis tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Pilihlah makanan instan yang sehat seperti sup kemasan, sereal instan rendah gula, atau makanan beku dengan kandungan gizi yang baik.

Nah, itulah lima rekomendasi untuk Sobat Holopis dalam mempersiapkan dapur sebelum bulan suci Ramadan tiba. Semoga bermanfaat.