BerandaNewsPolhukamFormappi Tak Yakin DPR Serius Soal Hak Angket, Tunggu Hasil Paripurna Besok

Formappi Tak Yakin DPR Serius Soal Hak Angket, Tunggu Hasil Paripurna Besok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peneliti senior dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyamapaikan keraguannya terhadap kemungkinan DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat) menerapkan hak angket terkait dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024. Hal ini karena melihat dari keterbatasan waktu yang tersedia.

“Sejauh hak angket ini dimaknai salah satu instrumen atau hak istimewa DPR, untuk mempertanyakan kebijakan pemerintah atau pelaksanaan UU kami atau Formappi selalu mendukung. Kami hanya tidak terlalu yakin saja hak eksklusif hak angket DPR ini itu bisa dijalankan oleh DPR,” kata Lucius, Senin (4/3) seperti dikutip Holopis.com.

Lucius menyatakan bahwa meskipun Formappi tidak meragukan hak angket itu sendiri, namun DPR belum pernah berhasil menggulirkan hak angket sebelumnya ketika wacana tersebut muncul.

Sementara itu, sidang pembukaan masa sidang DPR RI pada Selasa (5/3) besok akan dijadikan sebagai penanda apakah hak angket akan digulirkan atau tidak, terutama dalam rangka menyelidiki dugaan kecurangan yang terjadi dalam Pemilu 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

Lucius juga menegaskan bahwa apakah sidang besok akan mengungkapkan keseriusan DPR dalam menggunakan hak angket akan menjadi penentu, terutama dalam menyelidiki berbagai kecurangan yang dilaporkan terjadi dalam Pemilu 2024.

Namun, jika sidang besok berlangsung tanpa keseriusan dalam menghadapi isu tersebut, Formappi khawatir bahwa hal itu mungkin hanya sebuah lelucon atau upaya intimidasi ringan terhadap penyelenggara pemilu.

“Kalau besok di paripurna sepi-sepi saja, itu artinya kita di prank oleh orang-orang yang selama ini yang ingin membongkar pemilu dengan menggunakan hak angket,” tutup Lucius.

Sebelumnya, politisi PDIP Deddy Sitorus menyatakan bahwa partai pengusung Anies-Imin maupun Ganjar Mahfud sudah sepakat untuk menggulirkan hak angket DPR tersebut.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai ketua oleh DKPP RI.

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU RI.

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

Jokowi Bela KPU dari Kritik Mahfud MD

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi kritik dari Mafud MD yang mendesak komisioner KPU mundur pasca kasus seksual Hasyim Ashari.

KPK Tak Sudi Gubris Megawati

KPK ogah menanggapi tantangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal penanganan kasus Harun Masiku.

Raffi Ahmad Bilang Nggak Dibayar Kampanyekan Marshel dan Jeje

Aktris Raffi Ahmad menepis kabar bahwa dirinya telah mendapatkan bayaran untuk mendukung calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS