HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Literatur Institut, Asran Siara mengatakan bahwa hak angket hasil Pemilu 2024 bukan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Hal ini karena menurutnya, hak angket dinilai tidak efektif dan belum terlalu prioritas saat ini.

Asran menegaskan, masih ada banyak persoalan yang mesti dibahas DPR selain dengan upaya mendong hak angket tersebut.

“Mengenai sengketa Pemilu 2024 sudah ada lembaga khusus yang berwenang yang ditunjuk. DPR RI tidak perlu buang-buang waktu dan menguras energi untuk hak angket itu,” kata Asran dalam keterangannya, Sabtu (2/3).

“Jauh lebih penting duduk bersama membahas sejumlah agenda strategis negara sebelum masa transisi pemerintahan baru nantinya,” lanjutnya.

Kemudian, ia pun menjelaskan, bahwa energi bangsa ini tidak perlu disibukkan dengan polemik yang tidak perlu hanya demi kepentingan golongan tertentu. Sebab, ada hal lain yang seharusnya menjadi perhatian serius negara terutama DPR RI terabaikan.

“Semua pihak perlu menahan diri dan bijaksana menerima hasil Pemilu 2024. Siapa pun yang terpilih, itulah kehendak dan keinginan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi,” tukasnya.