Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Amalan Doa untuk Atasi Rasa Cemas dan Gelisah Berlebih

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam menjalani kehidupan yang kompleks, sering kali kita dihadapkan pada rasa cemas dan gelisah yang mungkin akan terasa berlebihan.

Rasa cemas dan gelisah itu muncul karena adanya ketakpastian masa depan, tekanan pekerjaan, serta berbagai persoalan pribadi. Jika ini dibarkan terus menerus, tentu akan mengganggu kesejahteraan jiwa dan pikiran.

Bagi umat Islam, salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa cemas adalah dengan membaca doa-doa yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

Berikut beberapa amalan doa untuk mengatasi rasa cemas dan gelisah:

Doa memohon ketenangan hati :

اللَّهُمَّ أَنْزِلْ سَكِينَتَكَ عَلَىٰ قَلْبِي وَثَبِّتْ جَأْشِي وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَوَكِّلِينَ عَلَيْكَ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah ketenangan-Mu ke dalam hatiku dan teguhkan pendirianku, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang berserah diri kepada-Mu.”

Doa memohon perlindungan dari rasa cemas dan gelisah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan duka cita, aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari rasa takut dan pengecut, aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan siksaan manusia.”

Doa memohon pertolongan Allah :

يا حَيُّ يا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Perbaikilah segala urusanku dan janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri sekejap matapun.”

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru