Palestina Desak DK PBB Soal Pembantaian 112 Warga Gaza oleh Israel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – 112 warga Gaza meninggal dunia ditembaki militer Israel, Duta Besar (Dubes) Palestina untuk PBB, Riyad Mansour pun mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB terkait hal tersebut.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Israel dikabarkan menemebaki warga Gaza Palestina yang sedang mengantre untuk mengambil bantuan makanan, pada Kamis (29/2) waktu setempat.

Akibatnya, dari data terbaru saat ini dilaporkan sebanyak 112 orang meninggal dunia dan 750 lainnya luka-luka, dimana jumlah korban itu meningkat dari sebelumnya yang sebanyak 104 orang warga tewas.

Atas dasar hal itu, Dubes Palestina untuk PBB meminta DK PBB untuk mengutuk keras pembantaian tersebut.

“Dewan Keamanan harus mengatakan cukup sudah!” ungkap Mansour, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (1/3).

“Pembantaian keterlaluan ini merupakan bukti atas fakta bahwa selama Dewan Keamanan dilumpuhkan dan diveto, maka hal ini akan mengorbankan nyawa rakyat Palestina,” ujarnya lagi.

Lanjutnya, Mansour sendiri mengakui bahwa dirinya telah bertemu dengan Dubes Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Linda Thomas selepas insiden penembakan Israel tersebut terjadi.

“Saya meminta padanya agar Dewan Keamanan harus mengeluarkan produk yang mengutuk pembunuhan ini dan mengejar mereka yang bertanggung jawab atas pembantaian ini,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, dalam hal ini AS merupakan salah satu dari lima anggota tetap untuk DK PBB, dimana AS sendiri mempunyai hak melakukan veto untuk segera menyerukan gencatan senjata di Palestina.

“Jika Dewan Keamanan memiliki kekuatan dan tekad untuk mengakhiri pembantaian ini agar tidak terjadi lagi, yang kita butuhkan adalah gencatan senjata,” ujar Mansour lagi.

Terbaru, DK PBB kemudian melakukan pertemuan secara tertutup khusus untuk membahas insiden penembakan Israel tersebut.

Meski begitu, belum ada informasi lebih lanjut apa jalan keluar yang mereka rundingkan dari pertemuan tertutup tersebut.

“Kami semua sangat khawatir dan sedih atas kematian lebih dari seratus warga Palestina dan lebih banyak lagi yang terluka hari ini di Gaza Utara,” ucap Dubes AS untuk PBB, Robert Wood.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Bertemu Raja Malaysia Sultan Ibrahim, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih RI, Prabowo Subianto menemui Raja Malaysia, Sultan Ibrahim dalam agenda pertamanya di Malaysia, pada Sabtu (7/9).

Prabowo Subianto Bersama Putranya Penuhi Undangan Makan Malam Eks PM Thailand

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melanjutkan agenda lawatannya ke luar negeri, dimana terbaru kali ini menuju ke Bangkok, Thailand.

Prabowo Subianto Unggah Momen Bersama dengan PM Thailand Paetongtarn Shinawatra

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih memberikan ucapan selamat kepada Paetongtarn Shinawatra yang telah resmi terpilih menjadi Perdana Menteri Thailand yang baru.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru