Indonesia Ditunjuk Jadi Salah Satu Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Champions League Asia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia resmi ditunjuk jadi salah satu tuan rumah untuk fase Kualifikasi Basketball Champions League Asia atau BCL Asia. Hal itu diumumkan langsung oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIBA) Regional.

Selain Indonesia, FIBA Regional juga menunjuk tuan rumah lain untuk menggelar Kualifikasi Basketball Champions League Asia, yaitu Mongolia.

“Babak pertama kualifikasi Basketball Champions League (BCL Asia) akan berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia, sedangkan babak kedua akan berlangsung di Jakarta, Indonesia,” tulis pernyataan FIBA Regional, sebagaimana informasi dikutip Holopis.com.

Sebanyak delapan tim terbaik di Asia akan ikut serta dalam turnamen yang sebelumnya dikenal dengan nama FIBA Asia Champions Cup terebut.

“Membentuk kompetisi klub internasional merupakan salah satu prioritas strategis FIBA untuk siklus 2023-2027, dan kami senang dapat melangkah maju ke arah ini,” ungkap Hagop Khajirian selaku Direktur Eksekutof FIBA-Asia.

“Kualifikasi ini tidak hanya akan menampilkan yang terbaik dari bola basket Asia Timur dan Asia Tenggara saja, tetapi juga akan memberikan platform bagi klub untuk bangkit dan bersaing di kompetisi klub tertinggi di Asia,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Kualifikasi yang digelar salah satunya di Indonesia tersebut akan jadi fase dalam memperebutkan tiket ke kompetisi utama Basketball Champions League Asia.

Tim-tim yang lolos akan bergabung bersama tim-tim yang keluar sebagai juara dari sejumlah turnamen, seperti Jepang dari B.League, China dari CBA League, Korea dari KBL dan Filipina dari PBA, kemudian ada juga dua tim lainnya dari FIBA West Asia Super League.

Setelah itu, Indonesia beserta Mongolia itu sendiri akan mendapatkan jatah untuk mengirimkan dua klub atau tim, yang kemudian bakal bergabung dengan juara liga dari Hong Kong, Singapura, Malaysia dan Thailand.

Dari delapan tim yang ada itu, kemudian akan dibagi menjadi dua grup yang disusun sesuai dengan peringkat FIBA mereka.

Untuk format pertandingannya, tim posisi paling wahid akan otomatis melangkah ke babak ke-2, kemudian untuk tim posisi runner-up dan tiga di masing-masing grup akan melakoni duel penentuan demi memperebutkan dua tiket sisa ke babak ke-2.

Babak ke-2 nantinya akan digelar dengan format single-roung robin, dimana dua klub teratas nantinya otomatis lolos ke fase utama, Basketball Champions League Asia. Babak ke-2 yang akan dilangsungkan di Jakarta itu sendiri rencananya tersaji pada 23-26 April mendatang.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Timnas Basket U-18 Indonesia Gasak Thailand di Laga Perdana Kualifikasi FIBA SEABA

Timnas Basket U-18 Indonesia putra berhasil mengandaskan perlawanan Thailand di laga perdana FIBA U-18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024, dengan skor 70-56.

Menpora Harap Timnas Basket U-18 Indonesia Bisa Juarai SEABA U-18 2024 di Malaysia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo baru melepas Timnas U-18 Basket Indonesia Putra ke Malaysia untuk mengikuti ajang SEABA...

Menpora Resmi Lepas Timnas Basket U-18 Indonesia untuk Ikuti SEABA U-18 2024 di Malaysia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo telah resmi melepas Timnas Basket U-18 Indonesia Putra ke Malaysia untuk berpartisipasi dalam...

Viral Zhang Ziyu Pebasket 17 Tahun Setinggi 220 cm, Gokil!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dunia basket saat ini tengah dihebohkan dengan kemunculan Zhang Ziyu yang merupakan pebasket berusia 17 tahun asal China, dengan memiliki ketinggian...

Semifinal Playoffs NBA : Mavericks Curi Gim ke-2, Timberwolves Disikat Tipis 108-109

Dallas Mavericks berhasil mencuri gim ke-2 semifinal Playoffs NBA Wilayah Barat atas Minnesota Timberwolves, dengan skor tipis 108-109. Hasil kemenangan itu membuat Luka Doncic dkk unggul skor pertemuan 2-0 dalam sistem best of 7.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

BERITA TERBARU

Badminton Olimpiade Paris 2024 : Fajar/Rian Awali Laga Perdana dengan Kemenangan

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil meraih kemenangan di laga perdana badminton Olimpiade Paris 2024.