Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Rekomendasi Obat Alami untuk Atasi Masuk Angin

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masuk angin adalah kondisi yang umum terjadi, terutama saat perubahan musim atau cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Gejalanya sering kali mencakup pilek, bersin-bersin, batuk ringan, sakit tenggorokan, atau bahkan sedikit demam.

Meskipun gejalanya biasanya ringan, tetapi bisa membuat Sobat Holopis merasa tidak nyaman. Untuk membantu meredakan masuk angin, berikut adalah lima obat alami yang bisa Sobat Holopis coba.

1. Jahe

Jahe
Semangkuk jahe. [Foto: Ist

Jahe telah lama dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya. Minum teh jahe hangat dapat membantu meredakan gejala masuk angin seperti sakit tenggorokan dan pilek. Bisa membuat teh jahe dengan memotong jahe segar menjadi potongan kecil, kemudian memasukkannya ke dalam air panas dan membiarkannya meresap sebelum diminum.

2. Madu

Madu
Semangkuk madu. [Foto: Ist]

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat atau teh jahe untuk mengurangi gejala masuk angin. Pastikan untuk menggunakan madu asli untuk mendapatkan manfaat maksimal.

3. Lemon

Lemon
Buah lemon. [Foto: Ist]

Lemon kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan dari masuk angin. Peras jus lemon segar ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa dan manfaat tambahan.

4. Bawang Putih

Bawang putih
Sekumpulan bawang putih. [Foto: Ist]

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Mengonsumsi bawang putih mentah atau menambahkannya ke dalam masakan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan saat masuk angin.

5. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih
Sebotol minyak kayu putih. [Foto: Ist]

Minyak kayu putih adalah minyak esensial yang berasal dari daun kayu putih. Ini memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala masuk angin seperti pilek dan sakit kepala.

Sobat Holopis bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas untuk menghirup uapnya atau mencampurnya dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan mengoleskannya ke dada atau punggung untuk meredakan gejala pilek.

Meskipun obat alami ini dapat membantu meredakan gejala masuk angin, tetapi jika gejala Sobat Holopis semakin parah atau berlangsung lebih dari beberapa hari, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat ya.

Cepat sembuh ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru