HOLOPIS.COM, MAKASSAR – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke kota Makassar untuk meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis (22/2).

“Kamis, 22 Februari 2024, saya meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan,” tulis Presiden RI pada laman X resmi Joko Widodo @jokowi, Kamis (22/2).

Pada kunjungannya tersebut, Ir. H. Joko Widodo menjelaskan guna SPALD-T adalah untuk mengelola air limbah yang berada di sana untuk menjadi lebih ramah lingkungan dan meningkatkan kadar air tanah dan juga air baku.

“SPALD-T ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah serta air baku, sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” tulis Presiden Jokowi.

Sehingga, dengan adanya SPALD-T di Kota Makassar, Presiden mengharapkan akan meningkatnya kesadaran masyarakat akan isu pencemaran lingkungan sekitar masyarakat. Serta adanya pengelolaan limbah di sana dapat menjadi solusi penanganan air limbah, supaya kota Makassar semakin terintegrasi.

“Saya harap dengan adanya SPALD-T ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu pencemaran lingkungan di Kota Makassar. Kapasitasnya 16.000 meter kubik per hari, dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 km, dan bisa melayani 41.000 kepala keluarga,” tulis Presiden Jokowi.

“Semoga SPALD-T tersebut menjadikan penanganan air limbah di Kota Makassar semakin terintegrasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, Mantan Gubernur Ibu Kota DKI Jakarta tersebut sangat mengharapkan bahwa dengan adanya sistem pengelolaan air limbah, dapat meningkatkan mutu lingkungan dan taraf kehidupan yang sejahtera di masyarakat kota Makassar.

“Terlebih penting, semoga semakin meningkatkan kualitas lingkungan dan taraf hidup masyarakat Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan,” imbuhnya.