Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Buka-bukaan soal Dampak Resesi Jepang-Inggris ke RI

Sri Mulyani Buka-bukaan soal Dampak Resesi Jepang-Inggris ke RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sejumlah negara maju seperti Jepang hingga Inggris telah mengalami resesi ekonomi. Meski sifatnya resesi teknikal, namun kondisi tersebut berdampak terhadap kinerja perekonomian negara lain, termasuk Indonesia.

Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 di Jakarta, Selasa (20/2).

Bendahara negara itu pun memastikan, kondisi resesi yang dialami oleh kedua negara tersebut membuat proyeksi ekonomi global cenderung melemah.

“Pasti mempengaruhi kinerja perekonomian, itu yang menyebabkan kenapa proyeksi dan outlook ekonomi bagi banyak negara terutama G7. Dalam hal itu, akan cenderung melemah,” kata Sri Mulyani sebagaimana dikutip Holopis.com.

Menurutnya, resesi yang tengah mengguncang perekonomian sejumlah negara maju saat ini menjadi tantangan bagi perekonomian global secara keseluruhan.

“Jadi nanti kita lihat minggu depan, saya menghadiri G20 di Brazil. Pasti nanti ada update mengenai kondisi perekonomian global,” ujarnya.

Sri Mulyani menyebut, melemahnya perekonomian sejumlah negara sebenarnya sudah dirproyeksi oleh sejumlah lembaga nasional.

“Tahun ini beberapa lembaga memang menyampaikan bahwa kinerja perekonomian negara-negara maju akan cukup tertekan,” tuturnya.

Dia menyebut, alasan perekonomian sejumlah negara maju terguncang yakni dipengaruhi oleh adanya tren kenaikan suku bunga di berbagai negara yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Tak hanya soal suku bunga, kondisi geopolitik yang kembali memanas juga menurut Sri Mulyani, turut mempengaruhi laju ekonomi negara maju yang terdampak resesi tersebut.

“Tapi negara-negara maju seperti yang tadi disebutkan yang mengalami resesi, ya memang mereka sudah cukup lemah,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.