BerandaNewsRagamTNI AD dan BNPB Jalin Sinergitas Penanggulangan Bencana

TNI AD dan BNPB Jalin Sinergitas Penanggulangan Bencana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan TNI AD menandatangani perjanjian kerja sama sinergitas penanggulangan bencana.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPB dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak dan disaksikan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di gedung Graha BNPB Jakarta.

Kerja sama antara BNPB dengan TNI AD dalam penanggulangan bencana telah terjalin sejak lama. TNI merupakan bagian pentaheliks dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Kehadiran TNI dalam situasi bencana tidak hanya terjadi pada masa darurat bencana saja, namun juga pada masa sebelum hingga sesudah terjadinya bencana.

Melalui penandatanganan kerja sama hari ini, ke depannya BNPB bersama dengan TNI AD akan meningkatkan penguatan upaya-upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Pertemuan hari ini bukan awal, kerja sama ini sudah dalam rentang waktu yang lama dan masih berlangsung hingga sekarang. Jadi (kerja sama ini) bukan tentang program baru, tetapi memperkuat apa yang sudah berjalan sehingga bisa lebih optimal,” kata Suharyanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (19/2).

Suharyanto menjelaskan salah satu contoh peran TNI AD dalam kerja sama penanggulangan bencana yang sudah berlangsung dapat dilihat pada penanganan bencana hidrometeorologi banjir Demak.

Prajurit TNI turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi warga, mendirikan tenda, hingga menyiapkan dapur umum. Tidak dipungkiri, BNPB juga bergantung pada prajurit Angkatan Darat dalam operasional penanggulangan bencana di lapangan. Sementara itu, BNPB akan bertanggung jawab terkait masalah anggaran, logistik, dan peralatan.

Lebih lanjut Maruli menyampaikan penguatan penanggulangan bencana bersama TNI AD akan memprioritaskan pada bidang pencegahan.

“Kami nanti akan mencoba dalam bidang pencegahan dengan banyak menanam. Kami juga akan menginventaris lagi alat-alat yang siap digunakan. Kami juga akan mengefektifkan proses rehabilitasi,” kata Maruli.

Sebelumnya, Nota Kesepahaman penanggulangan bencana antara BNPB dengan Mabes TNI yang sudah berjalan sejak tahun 2017 juga diperbarui.

Penandatanganan perjanjian kerja sama sinergitas penanggulangan bencana ini merupakan langkah lebih lanjut dari Nota Kesepahaman tersebut untuk mengefektifkan pelaksanaan kerja sama. Melalui perjanjian ini BNPB dan TNI AD berharap penanganan bencana dapat tertangani dengan maksimal.

“Targetnya, setiap bencana apa pun yang terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia, masyarakat terdampak betul-betul bisa ditangani dengan maksimal. Bagi BNPB dan TNI AD, Keselamatan rakyat merupakan hal utama yang harus dijunjung setinggi-tingginya,” pungkas Suharyanto.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS