BerandaNewsRagamPagi Ini, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 18 Kali

Pagi Ini, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar 18 Kali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gunung Merapi kembali memuntahkan lava pijar sebanyak 18 kali sepanjang Senin (19/2) sejak dini hari hingga pagi hari ini. Muntahan lava pijar ini bergerak ke dua arah yang berbeda.

“Teramati 17 kali guguran lava ke arah barat daya atau Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.100 meter. Teramati 1 kali guguran lava ke arah selatan atau Kali Boyong dengan jarak luncur 800 meter,” tulis BPPTKG dalam rilis yang dikutip Holopis.com, Senin (19/2).

Secara umum, cuaca di sekitar Gunung Merapi dalam kondisi berawan, mendung, cerah. Angin pun bertiup lemah ke arah timur dan barat, dengan tekanan udara 768.5-918.6 mmHg dan olume curah hujan 34 mm per hari.

“Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 100 m di atas puncak kawah, ” terang mereka.

Penerbit Iklan Google Adsense

Aktivitas kegempaan diantaranya 61 gempa guguran dengan Amplitudo 3-22 mm denhan durasi 20.96-139.04 detik. 10 kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan Amplitudo :2-5 mm, S-P :0.3-0.5 detik, Durasi 5-6.96 detik. Dan 8 kali gempa.Tektonik Jauh dengan Amplitudo 2-45 mm, S-P : 11.46-22.36 detik, Durasi : 33.48-97.84 detik.

Sejauh ini, status Gunung Merapi masih level siaga atau level 3 di mana BPPTKG menyebut potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awanpanas guguran di dalam daerah potensi bahaya.

“Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dan awanpanas guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” imbau BPPTKG.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lokasi Samsat Keliling Hari Rabu 3 Juli di Wilayah Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Rabu 3 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Rabu 3 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Rabu 3 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Bisa Bikin Tambah Nyenyak

Minum susu sebelum tidur telah lama dianggap sebagai kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Biasanya jika adik, keponakan, atau si kecil tidak bisa tidur pada malam hari, segelas susu langsung bisa membuat mengantuk.

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wisuda mahasiswa untuk mencari keuntungan.

Menkes Akui Obat di Indonesia Mahal-mahal, Lima Kali Lipat dari Malaysia

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengakui harga obat yang beredar di Indonesia cenderung mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia, harga obat di Tanah Air lebih mahal hingga 5 (lima) kali lipat.

Kemensos Klaim 28 Ribu Warga Miskin Sudah Mentas

Kementerian Sosial klaim berhasil mencetak 28.775 warga miskin menjadi mandiri dalam program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS