Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mengapa Manusia Menguap Saat Ngantuk? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kalau sudah mengantuk, Sobat Holopis pasti tidak bisa mengatur ekspresi wajah yang langsung menguap dan jauh dari tampilan yang photogenic. Namun pernah terpikirkan tidak, mengapa sih kita semua menguap saat sudah mengantuk dan ingin segera istirahat?

Menguap adalah refleks alami yang hampir semua orang alami. Namun, mengapa kita cenderung menguap ketika merasa mengantuk masih menjadi misteri bagi banyak orang.

Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan fenomena ini, dan meskipun belum ada kesepakatan mutlak, para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa faktor yang mungkin berperan dalam mengapa menguap terjadi ketika kita mengantuk.

1. Regulasi Suhu Tubuh

Salah satu teori yang paling umum adalah bahwa menguap membantu mengatur suhu tubuh. Ketika tubuh mulai merasa mengantuk, suhu tubuh cenderung menurun. Menguap dapat membantu meningkatkan aliran udara ke otak dan meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Menguap juga dapat berperan dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menguap dapat memicu pelepasan neurotransmiter, seperti dopamine, yang memainkan peran penting dalam regulasi mood, konsentrasi, dan perhatian. Dengan meningkatkan tingkat neurotransmiter ini, menguap dapat membantu kita tetap waspada saat tubuh merasa mengantuk.

3. Memperbaiki Penglihatan dan Fungsi Otak

Selain itu, ada teori bahwa menguap dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang pada gilirannya meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan penglihatan. Ini mungkin merupakan mekanisme evolusioner yang membantu kita tetap waspada dan terjaga bahkan ketika tubuh kita merasa lelah.

4. Sinyal Sosial

Terdapat pandangan bahwa menguap juga dapat berfungsi sebagai sinyal sosial. Dalam banyak budaya, menguap dianggap sebagai tanda kelelahan atau kebosanan. Dengan menguap di depan orang lain, kita mungkin memberi sinyal bahwa kita membutuhkan istirahat atau bahwa situasi yang sedang kita alami kurang menarik.

Kalau sudah menguap, harus segera istirahat ya, Sobat Holopis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru