Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBI Proyeksi Penjualan Eceran Meningkat, Ditopang Kelompok Makanan dan Minuman

BI Proyeksi Penjualan Eceran Meningkat, Ditopang Kelompok Makanan dan Minuman

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memprediksi kinerja penjualan eceran akan meningkat pada Januari 2024. Hal itu tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2024 yang mencapai 216,0, atau tumbuh 3,7 persen yaer-on-year (yoy).

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menuturkan, peningkatan pertumbuhan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok, terutama kelompok barang lainnya.

Ini khususnya pada subkelompok sandang, kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

“Secara bulanan, pertumbuhan penjualan eceran diprakirakan terkontraksi 1,0 persen (month-to-month/mtm), sejalan dengan normalisasi permintaan masyarakat setelah periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru serta faktor cuaca,” kata Erwin dalam siaran pers yang dikutip Holopis.com, Sabtu (17/2).

Penurunan kinerja penjualan eceran terutama terjadi pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, diikuti Subkelompok Sandang, Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Adapun pada periode sebelumnya, yakni pada Desember 2023, IPR secara tahunan tercatat tumbuh sebesar 0,2 peraen (yoy), menjadikan IPR pada periode tersebut mencapai angka 218,1.

Pertumbuhan kinerja di bulan Desember 2023 ini ditopang oleh pertumbuhan penjualan pada Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

“Secara bulanan, penjualan eceran tercatat tumbuh 4,9 persen (mtm), sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode HBKN dan libur tahun baru, serta strategi potongan harga dari pedagang eceran,” ujar Erwin.

Peningkatan terjadi pada mayoritas kelompok, terutama Subkelompok Sandang, Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Kemudian dari sisi harga, lanjut Erwin, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Maret 2024 tercatat sebesar 137,2, meningkat dari 129,3 pada Februari 2024 didorong oleh ekspektasi kenaikan harga pada bulan Ramadan.

Sedangkan pada Juni 2024 tercatat sebesar 125,8, yang mana angka itu lebih rendah dari indeks pada Mei 2024 yang sebesar 132,4. Hal itu karena kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan yang dipandang mendukung pembentukan harga lebih rendah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).