Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kasih Dia Tau : Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah belimbing, atau sering juga disebut dengan nama lain starfruit tidak hanya menyajikan rasa yang segar dan lezat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah belimbing secara teratur.

Sumber Vitamin C
Buah belimbing kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga memiliki efek antioksidan, membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan dalam belimbing membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Buah ini dapat membantu mengurangi penuaan dini, merangsang produksi kolagen, dan memberikan tampilan kulit yang lebih bersinar.

Menurunkan Kolesterol
Belimbing diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Serat yang tinggi dalam buah ini membantu mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Mengendalikan Gula Darah
Bagi penderita diabetes, belimbing dapat menjadi pilihan buah yang baik. Kandungan seratnya membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah, menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Mata
Belimbing mengandung nutrisi seperti vitamin A dan karotenoid, yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi belimbing secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Serat yang tinggi dalam buah belimbing berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, dan mendukung proses pencernaan secara keseluruhan.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan dan serat dalam belimbing dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mereka membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menanggulangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah belimbing rendah kalori dan tinggi serat, sehingga cocok sebagai camilan sehat bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, memasukkan buah belimbing ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Namun, seperti halnya konsumsi buah-buahan lainnya, tetaplah mengonsultasikan dengan profesional kesehatan jika ada kondisi kesehatan khusus atau alergi yang perlu diperhatikan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru