Beras Langka, Gegara Bansos?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menanggapi permasalahan kelangkaan komoditas beras yang terjadi belakangan ini.

Dia juga turut menanggapi perihal kelangkaan beras yang dikaitkan dengan panyaluran bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg).

Ia memastikan, kelangkaan yang terjadi saat ini tidak ada kaitannya dengan penyaluran bansos beras. Justru menurutnya, ada bansos tersebut menjadi wujud kehadiran negara untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Bansos itu nggak ada kaitannya sama harga (beras), tapi ini negara hadir,” ujar Arief dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (12/2).

Malah menurutnya, penyaluran bansos beras tersebut telah dihentikan untuk sementara. Artinya, pasokan beras untuk bantuan pangan itu pun berkurang untuk sementara waktu.

“Pemerintah pun memang ditiadakan (penyaluran bansos beras) selama 8-14 Februari untuk penghormatan kepada Pemilu yang dijalankan tahun ini. Bansos pangan itu nggak mempengaruhi itu,” ujar Arief.

Seperti diketahui, kelangkaan stok beras ada beberapa waktu terakhir diungkap oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di sekitar Bandung, Jawa Barat (Jabar). Selain langka, terdapat pula adanya pembatasan dari pemasok.

Menurut Ketua KPPU Fanshurullah Asa, pembatasan ini tentu cukup mengkhawatirkan karena akan berdampak pada kenaikan harga nantinya.

“Jangan sampai ada penahanan pasokan sehingga menaikkan harga komoditas gula konsumsi dan beras di pasaran untuk menaikkan harga di kemudian hari,” kata Fanshurullah.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
Editor : NJB
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER