BerandaNewsEkobizBeras Langka, Gegara Bansos?

Beras Langka, Gegara Bansos?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menanggapi permasalahan kelangkaan komoditas beras yang terjadi belakangan ini.

Dia juga turut menanggapi perihal kelangkaan beras yang dikaitkan dengan panyaluran bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg).

Ia memastikan, kelangkaan yang terjadi saat ini tidak ada kaitannya dengan penyaluran bansos beras. Justru menurutnya, ada bansos tersebut menjadi wujud kehadiran negara untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Bansos itu nggak ada kaitannya sama harga (beras), tapi ini negara hadir,” ujar Arief dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (12/2).

Penerbit Iklan Google Adsense

Malah menurutnya, penyaluran bansos beras tersebut telah dihentikan untuk sementara. Artinya, pasokan beras untuk bantuan pangan itu pun berkurang untuk sementara waktu.

“Pemerintah pun memang ditiadakan (penyaluran bansos beras) selama 8-14 Februari untuk penghormatan kepada Pemilu yang dijalankan tahun ini. Bansos pangan itu nggak mempengaruhi itu,” ujar Arief.

Seperti diketahui, kelangkaan stok beras ada beberapa waktu terakhir diungkap oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di sekitar Bandung, Jawa Barat (Jabar). Selain langka, terdapat pula adanya pembatasan dari pemasok.

Menurut Ketua KPPU Fanshurullah Asa, pembatasan ini tentu cukup mengkhawatirkan karena akan berdampak pada kenaikan harga nantinya.

“Jangan sampai ada penahanan pasokan sehingga menaikkan harga komoditas gula konsumsi dan beras di pasaran untuk menaikkan harga di kemudian hari,” kata Fanshurullah.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS