Kakorlantas Polri Sebut Angka Kecelakaan Tiap Tahunnya Meningkat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut, bahwa angka kecelakaan di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Aan saat menyampaikan sambutan di acara Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas, yang dilaksanakan di Mapolda Jawa Timur, Sabtu (10/2) kemarin.

Pada tahun 2023 saja, tercatat angka kecelakaan di Indonesia mencapai 152.000 lebih, dengan tingkat fatalitas korban yang terbilang cukup tinggi.

“Artinya, korban yang meninggal dunia juga cukup tinggi di seluruh Indonesia. Ada 27.689 itu yang menjadi korban laka lalu lintas dari tahun 2001, 2002 dan 2003 ini ada peningkatan,” ujarnya seperti dikutip Holopis.com, Minggu (11/2).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh pihaknya, Lanjut Aan, korban kecelakaan lalu lintas ada mayoritas berada di rentang usia 15 hingga 59 tahun. Angka tersebut menurutnya sangat mengkhawatirkan lantaran usia tersebut merupakan usia yang produktif.

Dia pun menduga, banyak kasus kecelakaan karena ketidakpahaman para pengguna jalan akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

“Meninggal sia-sia di jalan akibat mungkin tidak paham tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jenderal Bintang dua itu berharap dengan adanya Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas yang digelar oleh pihaknya itu dapat menekan angka kasus kecelakaan lalu lintas.

Pada kegiatan yang turut dihadiri oleh komunitas motor di Jatim itu, Kakorlantas Aan bersama-sama dengan anggota komunitas berikrar untuk mengelola berkendara dan berlalulintas jalan lebih baik lagi.

“Kita komitmen untuk stop pelanggaran, stop kecelakaan sehingga keselamatan ini menjadi hal yang penting bagi kita,” pungkasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.

Densus 88 Tangkap 2 Teroris Jaringan ISIS di Bima

Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang tersangka terorisme jaringan Jamaah Ansharu Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alexander Marwata Pamer Kegagalan KPK Tangani Korupsi

Alexander Marwata menegaskan bahwa kondisi KPK saat ini bukanlah lembaga superbody yang mampu untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru