Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Jangan Panik, Ini Tips Atasi Gejala Alergi Panas dengan Cara Alami

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Alergi panas, atau urtikaria panas, adalah kondisi di mana seseorang mengalami reaksi alergi setelah terpapar panas. Meskipun umumnya diatasi dengan obat-obatan, ada beberapa metode alami yang dapat membantu mengurangi gejala alergi panas.

Jangan panik, Sobat Holopis bisa ikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Hindari Paparan Panas Berlebihan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghindari paparan panas yang dapat memicu reaksi alergi. Cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan yang sejuk pada hari-hari panas, atau gunakan pakaian yang longgar dan berbahan alami agar kulit dapat bernapas dengan baik.

2. Kompres Dingin

Mengompres area yang terkena alergi dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan. Kompres dingin dapat mengurangi peradangan dan memberikan rasa lega pada kulit yang teriritasi.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting dalam mengatasi alergi panas. Minumlah air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala alergi.

4. Menggunakan Pelembap Alami

Mengoleskan pelembap alami seperti minyak kelapa atau lidah buaya ke area kulit yang teriritasi dapat membantu mengurangi rasa gatal dan menjaga kelembapan kulit. Pelembap alami juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

5. Menggunakan Herbal

Beberapa tanaman herbal seperti chamomile, lavender, atau calendula memiliki sifat antiinflamasi dan antipruritik yang dapat membantu mengurangi gejala alergi panas. Sobat Holopis dapat membuat ramuan herbal dengan merebus daun atau bunga tanaman tersebut dalam air panas, lalu membiarkannya dingin sebelum mengompres kulit yang teriritasi.

6. Mengonsumsi Makanan Antiinflamasi

Makanan seperti buah-buahan beri, sayuran hijau, dan ikan berlemak tinggi omega-3 memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meredakan gejala alergi panas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru