Akan Ada Kartu Biru di Sepakbola! Simak Fungsinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia sepakbola nantinya tidak hanya ada kartu kuning dan merah, melainkan siap memakai kartu biru!

Lantas, apa fungsi kartu biru?

Perlu diketahui bersama, bahwa Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) siap meluncurkan uji coba sin-bins di dunia sepakbola.

Apa itu sin-bins? Sin-bins merupakan suatu area yang terdapat di dalam stadion, tepatnya berada di area luar garis lapangan pertandingan.

Area sin-bins memang kurang familiar di dunia sepakbola, namun di dunia olahraga hoki es dan rugbi, area tersebut kerap ditempati pemain yang melakukan pelanggaran, dengan disertai beberapa waktu sebelum kembali ke lapangan.

Berdasarkan hal itu, pada Jumat (9/2), IFAB kemudian resmi merilis aturan sin-bins yang akan digunakan di dunia sepakbola, dengan menyertakan kartu biru yang ditujukan kepada pemain dari saku sang wasit.

Kartu biru baru dikeluarkan sang wasit pertandingan, jika ada tensi ketegangan seperti hal nya perselisihan antar pemain.

Pemain yang nantinya diganjar kartu biru oleh sang wasit, maka pemain tersebut akan ditempatkan di sin-bins dengan kurun waktu 10 menit sebelum akhirnya kembali diizinkan masuk ke lapangan.

Menariknya, kartu biru beda tipis dengan kartu kuning, dimana pemain yang diganjar kartu biru sebanyak dua kali, maka akan otomatis berujung kartu merah.

Selain itu, kartu biru bisa berfungsi menjadi ‘kartu kuning’, apabila sang pemain mendapatkan kartu kuning pertama, kemudian setelahnya mendapatkan kartu biru, maka pemain akan diganjar kartu merah.

Kini, IFAB dikabarkan telah mengeluarkan izin untuk uji coba sin-bins, yang akan dimulai pada Maret nanti pada tingkat senior. Bahkan, peraturan baru tersebut telah diujicoba di sepakbola amatir dan remaja di Inggris.

Dalam hal ini, salah satu anggota dewan IFAB, Mark Bullingham menyebut bahwa uji coba aturan ini telah berjalan baik.

“Ketika kami melihat sin-bin, protokol yang jelas harus dikembangkan, area-area yang kami pantau adalah perselisihan pemain, yang mana hal ini berhasil dengan sangat baik di tingkat akar rumput Inggris. Kami juga membicarakan area lain, khususnya pelanggaran taktis,” ujar Mark, seperti dikutip Holopis.com dari Sky Sports.

Terkait hal ini juga, Federasi Sepakbola Inggris (FA) turut serta mempertimbangkan aturan baru tersebut, dan berencana akan dicoba melalui Piala FA dan Piala FA Putri nantinya.

Meski begitu, dikabarkan bahwa sin-bins belum bisa diterapkan di kompetisi Eropa, seperti hal nya Liga Champions, Piala UEFA, dan lain-lain.

Ada pun aturan baru tersebut belum disetujui oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dimana menurutnya, penerapan aturan sin-bins tidak cocok diterapkan di dunia sepakbola.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Olimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka, Api Balon Udara Menyala

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan ditandai api menyala dari sebuah balon udara raksasa.

Anggota DPR Ujang Iskandar Ditangkap di Bandara Soetta, Kejagung: Korupsi di Pemkab Kobar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Satgas SIRI) dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menangkap anggota DPR Ujang Iskandar, Jumat (26/7). Ujang...

Bareskrim Akan Periksa Benny Rhamdani soal Inisial T Pengendali Judi Online

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, bahwa pihaknya telah menjadwalkan agenda pemeriksaan kepada Kepala BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani.

Sahroni Anggap Erintuah Damanik Sakit Jiwa

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menganggap hakim PN Surabaya, Erintuah Damanik sakit jiwanya gegara memutuskan vonis bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur dari tuntutan JPU atas kasus kematian Dini Sera Afrianti pada tahun 2023 lalu.

Prabowo Subianto Optimis Penguatan Kerja Sama dengan Perancis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya peningkatan kerja sama, khususnya di bidang ekonomi dengan negara Perancis.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Bologna Pastikan Calafiori Tinggalkan Klub

Bologna telah memastikan bahwa Riccardo Calafiori akan meninggalkan klub di bursa transfer pemain musim panas ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Bologna sendiri yakni Caludio Fenucci.