BerandaNewsKesehatanMengapa Napas Bau Saat Bangun di Pagi Hari? Ini Penjelasannya

Mengapa Napas Bau Saat Bangun di Pagi Hari? Ini Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mungkin banyak Sobat Holopis yang heran mengapa napas terasa bau pasca bangun pagi. Napas bau saat bangun pagi, yang dikenal sebagai ‘bau mulut pagi,’ adalah hal yang umum dialami oleh banyak orang.

Beberapa faktor dapat menyebabkan bau mulut ini, dan sebagian besar terkait dengan kondisi yang alami saat tidur. Berikut adalah beberapa alasan mengapa napas dapat terasa bau saat bangun pagi.

1. Kurangnya Produksi Air Liur
Selama tidur, produksi air liur cenderung berkurang. Air liur memiliki sifat pembersih alami di dalam mulut, dan kurangnya air liur dapat menyebabkan bakteri berkembang biak, yang kemudian dapat menyebabkan bau mulut.

2. Pertumbuhan Bakteri
Mulut manusia adalah lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Ketika tidur, bakteri yang ada di mulut bisa berkembang biak lebih cepat karena kurangnya air liur yang dapat membersihkan dan membawa bakteri keluar dari mulut.

Penerbit Iklan Google Adsense

3. Kekeringan Mulut (Xerostomia)
Beberapa orang mungkin mengalami kekeringan mulut yang lebih parah saat tidur, yang dapat meningkatkan risiko bau mulut. Kekeringan mulut dapat disebabkan oleh faktor seperti pernapasan mulut atau penggunaan obat-obatan tertentu.

4. Konsumsi Makanan atau Minuman Sebelum Tidur
Makanan atau minuman tertentu, terutama yang memiliki bau yang kuat, dapat meninggalkan residu di dalam mulut dan menyebabkan bau napas saat bangun pagi.

5. Masalah Kesehatan Gusi atau Mulut
Infeksi gusi, gigi berlubang, atau masalah kesehatan mulut lainnya dapat menyebabkan bau napas. Bakteri yang berkembang di area ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi...

Yuk Minum Air Hangat! Banyak Manfaatnya loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mengonsumsi air hangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni bisa meredakan gejala flu. Namun yang pasti, manfaat dari meminum...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS