BerandaNewsEkobizMendag Zulhas Pastikan Harga MinyaKita Naik Usai Pemilu

Mendag Zulhas Pastikan Harga MinyaKita Naik Usai Pemilu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga minyak goreng kemasan sederhana milik pemerintah bermerek MinyaKita bakal naik setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menjelaskan, bahwa kenaikan harga atau yang dalam bahasa ekonominya inflasi, menjadi alasan pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga minyak goreng subsidi tersebut.

“Tentu dong [harga naik usai pemilu]. Kan ada inflasi,” ujar Zulhas dalam keterangannya, Minggu (4/2), seperti dikutip Holopis.com.

Diketahui, lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.41/2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat, pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) MinyaKita sebesar Rp14.000 per liter.

Penerbit Iklan Google Adsense

Namun, usai Pemilu nanti, HET MinyaKita tersebut akan disesuaikan menjadi Rp15.000 per liter, atau naik Rp1.000 dari HET yang ditetapkan sebelumnya.

Sekjen Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengatakan, bahwa evaluasi HET MinyaKita baru akan dilakukan pihaknya usai Pemilu, dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Dia menuturkan, bahwa rencana penyesuaian HET sebesar Rp15.000 per liter itu baru masuk di tahap perhitungan kasar, dengan berbagai komponen harga pokok produksi dari produsen dan lainnya.

“Belum (dievaluasi),” ucap Suhanto.

Sebagaimana diketahui, rencana pemerintah menaikkan HET MinyaKita telah disampaikan Zulhas pada November 2023 lalu. Kala itu, terdapat sejumlah pedagang yang sudah menaikkan harga MinyaKita di pasaran menjadi Rp15.000 per liter.

Dia menuturkan, pemerintah memberikan toleransi kepada para pedagang untuk menaikkan harga MinyaKita di atas HET yang berlaku saat ini, yakni Rp14.000 per liter.

“Sementara (HET MinyaKita) Rp14.000 (per liter), kita toleransi Rp14.500 (per liter),” ujarnya, Kamis (30/11).

Adapun saat itu, Zulhas menuturkan kenaikan HET MinyaKita tersebut baru sebatas rencana. Ia menyebut, rencana tersebut masih akan dibahas lebih lanjut dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlanngga Hartarto.

“Kita belum memutuskan, masih harus rapat (dengan) Menko dulu untuk jadi Rp 15.000/liter,” katanya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS