HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day (WWD), diperingati pada 2 Februari di setiap tahunnya. Simak tema dan sejarahnya di artikel ini.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa dipilihnya tanggal peringatan tersebut karena dimulai bertepatan dengan Konvensi Ramsar, di Kota Ramsar, Iran pada tahun 1971 silam.

Pada waktu tersebut kemudian disepakati sebagai hari peringatan ditandatanganinya perjanjian internasional untuk melindungi lahan basah yang ada di seluruh dunia.

Ada pun Konvensi Ramsar bertujuan untuk mendorong upaya konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara bijaksana melalui aksi nasional dan kerjasama internasional untuk mewujudkan pembangunan secara berkelanjutan di seluruh dunia.

Upaya tersebut dilakukan dalam aksi nasional hingga kerja sama internasional, untuk mewujudkan pengembangan berkelanjutan di seluruh dunia.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali dilakukan pada 1997, bermula dari kesepakatan para anggota Konvensi Ramsar pada pertemuan yang digelar setahun sebelumnya, 1996. Kegiatannya diikuti oleh negara-negara anggota Konvensi Ramsar, termasuk Indonesia pada 1991 melalui Keppres Nomor 48 Tahun 1991.

Ada pun tema yang diusung pada Hari Lahan Basah Sedunia 2024 yakni ‘Wetlands and Human Wellbeing‘ yang berarti ‘Lahan Basah dan Kesejahteraan Manusia‘.

Tema tersebut diangkat berdasarkan fakta bahwa lahan basah merupakan hal yang penting bagi manusia dan alam.